Pertumbuhan Ikan Lele Dumbo (clarias gariepinus) setelah pemberian berbagai kandungan tepung enceng gondok (eichharnia crassipes (mart) solms) dalam pakan standard

Yulianto, Agus (1996) Pertumbuhan Ikan Lele Dumbo (clarias gariepinus) setelah pemberian berbagai kandungan tepung enceng gondok (eichharnia crassipes (mart) solms) dalam pakan standard. Undergraduate thesis, FMIPA Undip.

[img]
Preview
PDF
16Kb
[img]
Preview
PDF
424Kb
[img]
Preview
PDF
343Kb
[img]
Preview
PDF
396Kb
[img]
Preview
PDF
696Kb
[img]
Preview
PDF
313Kb
[img]
Preview
PDF
438Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

541Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

524Kb
[img]
Preview
PDF
329Kb
[img]
Preview
PDF
370Kb
[img]
Preview
PDF
510Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

2179Kb

Abstract

AGUS YULIANTO, J 201 90 0397, Pertumbuhan Ikan Lele Dumbo (clarias gariepinus) setelah pemberian berbagai kandungan tepung enceng gondok (eichharnia crassipes (mart) solms) dalam pakan standard. Dalam budidaya perikanan dewasa ini, penggunaan pakan alami sudah tidak mampu lagi untuk mengimbangi kecepatan perkembangan usaha budidaya ikan yang merupakan cara yang mudah dan murah dalam memenuhi gizi masyarakat. Karena harga pakan cenderung meningkat dan lahan masyarakat makin menyempit, maka dicari alternatif baru untuk mengatasi permasalahan ini, yaitu dengan inencari jenis ikan yang cocok untuk dibudidayakan di lahan yang sempit dengan produksi yang tinggi dalam waktu singkat dan sumber bahan baku pakan baru yang memenuhi syarat sebagai bahan baku pakan ikan. Jenis ikan tersebut adalah ikan Lele Dumbo sedang sumber bahan pakan baru ter sebut adalah Eceng gondok, yang merupakan gulma utama perairan darat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan tepung Eceng gondok dalam pakan buatan standard terhadap pertumbuhan ikan Lele Dumbo dan berapakah penambahan kandungan tepung Eceng gondok yang masih baik untuk pertumbuhan ikan Lele Dumbo ukuran gelondongan (fingerling). Parameter yang diamati adalah Panjang mutlak ikan dan berat basah ikan yang akan digunakan untuk mengetahui pertumbuhan mutlak dan laju pertumbuhan harian ikan; Pengujian terdiri dari 4 perlakuan dan 1 kontrol, masing-masing diulang 4 kali. Dari hasil penelitian ini didapatkan bahwa penambahan tepung Eceng gondok sampai dengan 10 % dalam pakan standard mampu meningkatkan pertumbuhan sama baiknya dengan pakan standard.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Biology
ID Code:29825
Deposited By:Mr UPT Perpus 1
Deposited On:13 Oct 2011 06:31
Last Modified:13 Oct 2011 06:31

Repository Staff Only: item control page