Penggunaan Ikan "Grass carp" (Ctenopharyngodon idella) dan Ikan Nila (Tilapla nilotica) sebagai pengendali Ganggang Air, Ceratophyllum demersum

Nurwahyudin, Heri (1996) Penggunaan Ikan "Grass carp" (Ctenopharyngodon idella) dan Ikan Nila (Tilapla nilotica) sebagai pengendali Ganggang Air, Ceratophyllum demersum. Undergraduate thesis, FMIPA Undip.

[img]
Preview
PDF
20Kb
[img]
Preview
PDF
435Kb
[img]
Preview
PDF
357Kb
[img]
Preview
PDF
454Kb
[img]
Preview
PDF
759Kb
[img]
Preview
PDF
316Kb
[img]
Preview
PDF
447Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

401Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

486Kb
[img]
Preview
PDF
328Kb
[img]
Preview
PDF
390Kb
[img]
Preview
PDF
407Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

2080Kb

Abstract

Heri Nurwahyudin. J 201 89 0244. Penggunaan Ikan "Grass carp" (Ctenopharyngodon idella) dan Ikan Nila (Tilapla nilotica) sebagai pengendali Ganggang Air, Ceratophyllum demersum (Dibawah Bimbingan Hendarko Sugondo dan. Sri Utami). Pengendalian gulma air secara mekanis dan khemis kurang efektif, disamping itu juga berdampak negatif bagi alam sekitar. Sebagai alternatif yang dirasa efektif adalah dengan menggunakan Pengendalian Hayati. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan dan efektivitas penggunaan Ikan "Grass carp" dan ikan Nila dalam mengendalikan Ganggang air, Ceratophyllum demersum, dan mengetahui kualitas air yang ditimbulkannya. Parameter yang diamati meliputi berat ganggang sebelum dan sesudah percobaan, kualitas air se lama percobaan berlangsung serta panjang dan berat ikan sebelum dan sesudah percobaan. perlakuan I kontrol, perlakuan IT ikan "Grass carp", perlakuan III ikan Nila, Perlakuan IV campuran ikan "Grass carp" dan Nila. Pemberian ganggang air 40 gr setiap minggu (4 minggu). Pengamatan kualitas air meliputi Suhu, pH, kadar NH3, Coz dan Oz terlarut. Kemampuan makan ikan di hitung dengan mengurangi ganggang air pada kolam kontrol dengan eisa ganggang air pada akhir percobaan.Metodelogi yang digunakan yaitu dengan rancangan acakLengkap 4 perlakuan dengan 3 ulangan, dengan analisa varians dan dilanjutkan dengan uji BNT (0,05%) untuk menentukan kemampuan maksimal ikan dalam memakan ganggang air. Dari hash penelitian didapatkan bahwa antara ikan "Grass carp", ikan Nila dan campuran keduanya mampu menunjukkan penurunan ganggang air, Ceratophyllum demersum, dengan kualitas air media yang masih relatif balk. Kemampuan memakan ganggang air, Ceratophyllum, menunjukkan adanya perbedaan nyata pada masing-masing perlakuan. Adapun penggunaan yang efektif adalah perlakuan ikan Grass carp dan campuran ikan Grass carp dan Nila. Kemampuan ikan Grass carp dalam memakan ganggang air Ceratophyllum demersum dapat mencapai 206 gram dari berat Ganggang Air 214,56 gram, ikan Nila mencapai 116,17 gram dan campuran ikan Nila dan "Grass Carp" dapat menurunkan 175,60 gram. Prosentase Ganggang air yang dimakan ikan, untuk ikan "Grass Carp" mampu menurunkan 96,01% ikan Nila 54,14 % Gras carp" dan campuran ikan Nila dan "Grass carp" mencapai 81,82%.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Biology
ID Code:29823
Deposited By:Mr UPT Perpus 1
Deposited On:13 Oct 2011 06:19
Last Modified:13 Oct 2011 06:19

Repository Staff Only: item control page