Jumlah Eritrosit dan Kadar Hemoglobin pada Ayam ( Gallus sp ) setelah Pemberian Kombinasi Larutan Mikromineral Fe, Cu dan Zn

Setyowati, Setyowati (2005) Jumlah Eritrosit dan Kadar Hemoglobin pada Ayam ( Gallus sp ) setelah Pemberian Kombinasi Larutan Mikromineral Fe, Cu dan Zn. Undergraduate thesis, FMIPA Undip.

[img]
Preview
PDF
17Kb
[img]
Preview
PDF
432Kb
[img]
Preview
PDF
340Kb
[img]
Preview
PDF
379Kb
[img]
Preview
PDF
320Kb
[img]
Preview
PDF
714Kb
[img]
Preview
PDF
406Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

487Kb
[img]
Preview
PDF
380Kb
[img]
Preview
PDF
544Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

1939Kb

Abstract

Setyowati. ..12B 000 111. Jumlah Eritrosit dan Kadar Hemoglobin pada Ayam ( Gallus sp ) setelah Pemberian Kombinasi Larutan Mikromineral Fe, Cu dan Zn ( Dibawah bimbingan Koen Praseno dan Siti Muflichatun Ma•diati ). Mikromineral merupakan mineral yang dibutuhkan dalam jumlah sedikit tapi harus ada dalam pakan. Tennasuk mikromineral diantaranya Fe, Cu dan Zn. Mineral Fe, berfungsi sebagai komponen hemoglobin dan komponen berbagai sistem enzirn. Mineral Cu berperan antara lain dalam proses eritropoesis dan kofaktor enzim. Mineral Zn berfungsi sebagai kofaktor enzim. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi kombinasi mikromineral Fe, Cu dan Zn sebagai, suplemen dalam usaha untuk meningkatkan produktifitas ayam melalui jumlah eritrosit dan kadar hemoglobin. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April - Juni 2004, menggunakan hewan uji 24 ekor ayam jantan. Perlakuan yang digunakan adalah Po ( air sebagai kontrol ), P1 (Fe-Cu), P2 (Cu¬Zn), P3 (Fe-Zn), P4 (Fe-Cu-Zn), P5 (Fe), Pb (Cu) dan P7 (Zn). Analisis yang digunakan rancangan acak lengkap dengan ulangan tidak sama dan apabila terdapat perbedaan yang nyata antar perlakuan dilanjutkan dengan uji Duncan Dada taraf uji 5 %. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa pemberian kombinasi Fe, Cu dan Zn berpengaruh terhadap status eritrosit namun belum berpengaruh terhadap kadar hemoglobin. Kombinasi Fe-Cu, Cu-Zn dan Cu mampu menaikkan jumlah eritrosit, perlakuan Fe hasilnya berbeda tidak nyata dengan kontrol, sedang perlakuan kombinasi Fe-Zn, Fe-Cu-Zn maupun Zn, jumlah eritrositnya menunm. Kesimpulan yang didapat adalah pola kombinasi mikromineral tertentu (Fe-Cu dan Cu-Zn) berpotensi sebagai bahan aditif karena dapat meningkatkan jumlah eritrosit pada ayam.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Biology
ID Code:29775
Deposited By:Mr UPT Perpus 1
Deposited On:12 Oct 2011 07:16
Last Modified:12 Oct 2011 07:16

Repository Staff Only: item control page