Respon Digesti Karbohidrat Terhadap Pemberian Mikromineral Cu, Fe, Zn dan Kombinasinya Melalui Air Minum Pada Ayam (Gallus sp)

Fibrianti, Rika (2005) Respon Digesti Karbohidrat Terhadap Pemberian Mikromineral Cu, Fe, Zn dan Kombinasinya Melalui Air Minum Pada Ayam (Gallus sp). Undergraduate thesis, FMIPA Undip.

[img]
Preview
PDF
17Kb
[img]
Preview
PDF
430Kb
[img]
Preview
PDF
347Kb
[img]
Preview
PDF
368Kb
[img]
Preview
PDF
505Kb
[img]
Preview
PDF
458Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

436Kb
[img]
Preview
PDF
321Kb
[img]
Preview
PDF
362Kb
[img]
Preview
PDF
466Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

1329Kb

Abstract

Rika Fibrianti. J2B000109. " Respon Digesti Karbohidrat Terhadap Pemberian Mikromineral Cu, Fe, Zn dan Kombinasinya Melalui Air Minum Pada Ayam (Gallus sp) ". (Pembimbing : Moen Praseno dan Teguh Suprihatin) Ayam membutuhkan energi untuk menunjang pertumbuhannya, energi tersebut didapat dalam pakan yang terkonsumsi. Pakan yang kaya akan nutrisi diperlukan untuk memelihara keseimbangan fungsi jaringan tubuh dan menghasilkan energi yang tinggi sehingga proses digesti berj2lan lancar. Mikromineral seperti Fe, Cu, dan Zn dibutuhkan dalam proses metabolisme dan fisiologis yang terjadi dalam tubuh sehingga akan berpengaruh terhadap pertumbuhan pada ayam, jika proses digesti optimal maka metabolisme dalam tubuh akan meningkat karena substrat banyak yang tercerna, berdasarkan hal tersebut maka apakah pemberian mikromineral Fe, Cu, Zn dan kombinasinya dapat mengoptimalkan proses digesti karbohidrat. Penelitian telah dilaksanakan pada tunggal 8 April 2004 sampai dengan 7 September 2004 bertempat di Laboratorium Struktur dan Fungsi Hewan , Universitas Diponegoro, Semarang. Tujuan penelitian adalah mengetahui potensi larutan mikromineral Fe, Cu, Zn dan kombinasinya terhadap neningkatan produktivitas pada ayam, dengan menggunakan 19 ekor hewan uji. Perlakuan penggunaan mineral yang cliberikan adalah larutan mineral Fe, mineral Cu, mineral Zn, mineral Zn-Fe, mineral Zn-Cu, mineral Fe-Cu, mineral Fe-Cu-Zn, dan H2O, dengan ulangati tidak sama. Parameter yang diamati adalah konsumsi pakan, karbohidrat pakan, karbohidrat feses, dan karbohidrat terabsorbsi. Data yang didapat dianalisis dengan ANOVA menggunakan dasar Rancangan Acak Lengkap f'aktor tunggal pada taraf signifikan 95%, uji lanjut menggunakan uji beda wilayah ganda Duncan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian mineral dalam bentuk kombinasi tidak memiliki potensi meningkatkan digesti karbohidrat pada ayarn sehingga tidak mempengaruhi produktivitasnya sebaliknya untuk bentuk Cu tunggal memiliki potensi untuk mengoptimasi digesti karbohidrat pada ayam.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Biology
ID Code:29774
Deposited By:Mr UPT Perpus 1
Deposited On:12 Oct 2011 07:06
Last Modified:12 Oct 2011 07:06

Repository Staff Only: item control page