Identifikasi dan Uji Patogenisitas Isolat .Corynespora cassiicola Terhadap Kion Rentan, Moderat dan-Resisten Tanaman Karet (Ilevea brasiliensis Muell.Arg)

Muryani, Tri (1996) Identifikasi dan Uji Patogenisitas Isolat .Corynespora cassiicola Terhadap Kion Rentan, Moderat dan-Resisten Tanaman Karet (Ilevea brasiliensis Muell.Arg). Undergraduate thesis, FMIPA Undip.

[img]
Preview
PDF
17Kb
[img]
Preview
PDF
475Kb
[img]
Preview
PDF
342Kb
[img]
Preview
PDF
375Kb
[img]
Preview
PDF
658Kb
[img]
Preview
PDF
316Kb
[img]
Preview
PDF
480Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

817Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

470Kb
[img]
Preview
PDF
338Kb
[img]
Preview
PDF
387Kb
[img]
Preview
PDF
769Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

2446Kb

Abstract

Tri Muryani. J 201 90 0423. Identifikasi dan Uji Patogenisitas Isolat .Corynespora cassiicola Terhadap Kion Rentan, Moderat dan-Resisten Tanaman Karet (Ilevea brasiliensis Muell.Arg). ( Dibawah bimbingan Sriani Hendarko dan Turrini Yudiarti). Penyakit gugur daun yang disebabkan oleh jamur Corynespora casilcola, yang menyerang tanaman karet merupakan problem yang serius bagi perkebunan karet di Indonesia. Perkembangan penyakit ini dipengaruhi oleh keadaan iklim, topografi, umur dan kondisi tanaman serta pemupukan. Penelitian ini bertujuan untuk 'mempelajari adanya variasi patogenisitas C.cassficola yang berasal dari Jawa Tengah dan Jawa Barat terhadap klon resisten ( PR 261 ), klon moderat ( PR 300 ) dan klon rentan (PR 303).. Penelitian di lapangan dilakukan untuk mempelajari patogenisitas C. cassiicola isolat Jawa Tengah dan Jawa Barat. Penelitian di laboratorium dilakukan untuk mempelajari morfologi C. cassiicola isolat Jawa Tengah dan Jawa Barat yang meliputi bentuk kultur dan ukuran konidium. Hasil penelitian menunjukkan bahwa C. cassiicola isolat Jawa Tengah dan Jawa Barat dapat menyerang ketiga klon karet yang mempunyai resistensi berbeda. Isolat Jawa Tengah mempunyai intensLtas serangan yang lebih tinggi bila dibanding isolat Jawa. Barat. Penga¬matan mikroskopis didapatkan bahwa konidium isolat dari Jawa Tengah mempunyai ukuran yang lebih kecil dan jumlah septa yang lebih sedikit bila dibanding isolat Sawa Barat. Gejala menguning 'pada daun yang terserang C. cassiicola tanpa disertai bercak hitam seluruh permukaan daun dapat menyebabkan daun gugur. Gejala bercak hitam berbentuk seperti duri ikan pada klon yang rentan menunjukkan perkembangan yang lebih cepat daripada klon lainnya.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Biology
ID Code:29758
Deposited By:Mr UPT Perpus 1
Deposited On:11 Oct 2011 18:21
Last Modified:11 Oct 2011 18:21

Repository Staff Only: item control page