Preferensi sitophilus oryzae I sebagai hama pasca panene pada berbagai jenis biji - bijian dengan kadar air yang berbeda

Nurkholis, Slamet (1995) Preferensi sitophilus oryzae I sebagai hama pasca panene pada berbagai jenis biji - bijian dengan kadar air yang berbeda. Undergraduate thesis, FMIPA Undip.

[img]
Preview
PDF
15Kb
[img]
Preview
PDF
449Kb
[img]
Preview
PDF
340Kb
[img]
Preview
PDF
394Kb
[img]
Preview
PDF
608Kb
[img]
Preview
PDF
313Kb
[img]
Preview
PDF
438Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

496Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

561Kb
[img]PDF
327Kb
[img]
Preview
PDF
393Kb
[img]
Preview
PDF
721Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

2061Kb

Abstract

SLAMET NURKHOLIS. Preferensi Sitophilus oryzae L. ( Coleoptera Curculionidae ) Sebagai Hama Paska Panen Pada Berbagai Jenis Biji-Bijian Deegan Kadar Air Yang Berbeda.( dibawah bimbingan HENDARKO SUGONDO dan UDI TARWOTJO ). S. oryzae merupakan hama parka panen yang poterisial pada beberapa produk biji-bijian hasil pertanian. Sesuai dengan namanya , serangga ini secara umum masih dianggap sebagai hama pada produk padi-padian ( beras ). Mengirigat sifatnya yang polifag, serangga ini dapat menyerang biji lain dan menjadi hama yang potensial.Penelitian bertujuan untuk mengetahui preferensi S. oryzae pada berbagai jenis biji dengan kadar air yang berbeda. Penelitian menggunakan tiga jenis biji, yaitu beras, jagung, dan kacang tanah dengan kadar air 10 %, 14 %, dan 18 %. Parameter pengamatan meliputi, jumlah telUr, jumlah imago, prosentase telur yang_berkembang menjadi imago, lama daur hidup, dan tingkat kerusakan biji. Hasil penelitian menunjukan bahwa preferensi S. oryzae secara berurutan adalah pada , beras, jagung dan paling kecil pada kacang tanah. Pada perlakuan kadar air menunjukan bahwa makin tinggi kadar air preferensi S. oryzae makin tinggi. Pada beras kebutuhan nutrisi serangga terpenuhi, disamping permukaan biji yang tidak terlalu keras, demikian pula pada jagung. Pada kacang tanah, walaupun jumlah peletakan telur banyak, tapi untuk perkembangan telur selanjutnya tidak sesuai, dikarenakan nutrisi yang tidak cocok dan diduga adanya senyawa tertentu yang menghambat perkembangan dan pertumbuhan S. oryzae.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Biology
ID Code:29719
Deposited By:Mr UPT Perpus 1
Deposited On:11 Oct 2011 06:35
Last Modified:11 Oct 2011 06:35

Repository Staff Only: item control page