Alelopati ekstrak metonol daun bayam duri (amaranthus spinosus L.) pada perkecambahan cabai rawit (Capsicum frustescens L.)

Wantatik , Sri (2004) Alelopati ekstrak metonol daun bayam duri (amaranthus spinosus L.) pada perkecambahan cabai rawit (Capsicum frustescens L.). Undergraduate thesis, FMIPA Undip.

[img]PDF
Restricted to Repository staff only

1907Kb
[img]
Preview
PDF
15Kb
[img]
Preview
PDF
333Kb
[img]
Preview
PDF
507Kb
[img]
Preview
PDF
367Kb
[img]
Preview
PDF
615Kb
[img]
Preview
PDF
359Kb
[img]
Preview
PDF
465Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

322Kb
[img]
Preview
PDF
407Kb
[img]
Preview
PDF
625Kb

Abstract

Sri Wantatik. 12B 099 115. Alelopati Ekstrak Metanol Daun Bayam Duri (Amaranthus spinosus L.) Terhadap Perkecambahan Cabai Rawit (Capsicum frustescens L.) (dibawah bimbingan Hj. Rini Budi Hastuti dan Endang Saptiningsih) Cabai rawit merupakan salah sant komoditi sektor pertanian yang sangat penting. Bayam dud merupakan salah sate gulma yang dapat mengganggu perkecambahan karena adanya senyawa alelokimia yang dihasilkan oleh bayam duri yang dapat menimbulkan alelopati. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh alelopati ekstrak metanol daun bayam duri terhadap perkecambahan cabai rawit dan mengetahui konsentrasi ekstrak yang dapat menghambat perkecambahan cabai rawit. Parameter yang diamati pada penelitian ini adalah persentase perkecambahan, panjang hipokotil dan panjang radikula. Penelitian menggunakan Metode Rancangan Acak Lengkap pola faktorial dengan 1 faktor yaitu konsentrasi ekstrak metanol daun bayam duri (0%; 4%; 8%; 12%; 16%). Masing-masing dengan 5 ulangan. Data yang diperoleh diuji dengan anova pada taraf uji 5% dan jika ada beda nyata dilanjutkan dengan uji BM' pada taraf uji 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak metanol daun Bayam Duri berpengaruh terhadap perkecambahan Cabai Rawit yang meliputi persentase perkecambahan, panjang radikula dan panjang hipokotil. Konsentrasi ekstrak metanol daun Bayam Duri mulai terlihat menghambat perkecambahan yaitu pada konsentrasi 4% (gr/mL).

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Biology
ID Code:29651
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:09 Oct 2011 16:26
Last Modified:09 Oct 2011 16:26

Repository Staff Only: item control page