Komunitas diatom epifitik pada akar enceng gondok (Eichhornia Crassipes, Solms) berdasarkan tata guna lahan di sekitar sungai Banger Pekalongan

Indika , Masuma (2004) Komunitas diatom epifitik pada akar enceng gondok (Eichhornia Crassipes, Solms) berdasarkan tata guna lahan di sekitar sungai Banger Pekalongan. Undergraduate thesis, FMIPA Undip.

[img]PDF
Restricted to Repository staff only

2642Kb
[img]
Preview
PDF
19Kb
[img]
Preview
PDF
347Kb
[img]
Preview
PDF
464Kb
[img]
Preview
PDF
412Kb
[img]
Preview
PDF
768Kb
[img]
Preview
PDF
424Kb
[img]
Preview
PDF
740Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

324Kb
[img]
Preview
PDF
413Kb
[img]
Preview
PDF
821Kb

Abstract

Masrima Indira J2B 099 104. KomarLitas Diatom Epifitik pada Akar Ec,eng Gondola. (EichhOr#14 erONA1,4 Solgt,) Brdasarkan Tata Guna Laban disekitar Sungai Banger Pekalongan (di bawah bimbingan Tri RPtnarringsib Soeprobowati dan NaPik. hero Suprapti). Diatom epifitik ad.alali diatom yang hidup menempel pada tanaman air. Diatom memiliki pal-man penting d al am jaring-jaring makanan yaitu sebagai produsen primer ekosistem perairan. Diatom epifitik pada eceng gondok memiliki jumlah individu, indeks keanekaragaman, dan indeks pemerataan yang paling tinggi dibagian akar eceng gondok dibarulingkan dengan bagian dawn dan tangkai daunnya. Sungai Banger merupakan salah satu sungai yang paling ter.cm AT di Jaw?. Tengall, dan berdmarkan tato. gum labannya dapat dibagi menjadi tiga daerah, yaitu daerah pertanian, daerah industri, dan daerah dermaga. Old' karma itu maka penelitian ini dilakukan untuk mengetahui komunitas diatom epifitik pada tata guna lahan yang berbeda. Beberapa parameter fisik kimia Sungai Banger diukur secara in situ yaitu : suhu, kecepatan arus, kecerahan, kedalarnan, oksigen terlarut, pH air dan sedimen, dm i salinitas. Sedangkan logam berat Cd, Cu, clan. Pb dan zat org,anik dianalisiskan di BPPI Semarang. Sampel akar eceng gondok kemudian dikuas seluas 6,25 cm2 kemudian ditambahkan akuades 10 ml dan for nalin 4 % untuk memperoleh sampel diatom epifitik. Keraudian sampel tersebut diidentifikasi dengan perbesaran 400 kali. Dail hasil identifikasi kemudian dihitung kemelimpahan relatif, indeks keanekaragaman Shannon-Wiener, dan indeks pemerataan. Jumlah total individu diatom epifitik berkisar autara 67.500 — 327.500 per cm2. Spesies yang ditemukan seam stasitm adalah Diatoina vulgare clan. Mastogloia elliptica. Komunitas diatom epifitik pada daerah industri kurang stabil dibandingkan dengan daerahpertanian dan daerab derniaga.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
ID Code:29649
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:09 Oct 2011 16:13
Last Modified:09 Oct 2011 16:13

Repository Staff Only: item control page