Model dan Aplikasi e-Assesment Berbasis Web dengan Kombinasi Metode Rule Base Reasoning (RBR) dan Case Base Reasoning (CBR)

Migunani, Mr and Mustafid, Prof and Eko Adi Sarwoko, Mr (2011) Model dan Aplikasi e-Assesment Berbasis Web dengan Kombinasi Metode Rule Base Reasoning (RBR) dan Case Base Reasoning (CBR). Masters thesis, Master of Information System.

[img]
Preview
PDF (Abstrak full) - Published Version
7Kb

Official URL: http://www.msi.undip.ac.id

Abstract

Penalaran berbasis aturan (rule base reasoning) merupakan cara bernalar berdasarkan situasi-situasi tertentu menggunakan short-term memory dan long-term memory sebagai dasar untuk melakukan sebuah tindakan. Sedangkan penalaran berbasis kasus (case base reasoning) penalaran didasarkan kasus-kasus terdahulu. Dengan memanfaatkan komputer, proses penalaran ini mengalami perubahan subjek selaku dari manusia menjadi perangkat komputer. Penalaran yang dilakukan oleh manusia digantikan dengan penalaran berbasis mesin inferensi yang didasarkan atas aturan-aturan dan fakta-fakta kasus. Dalam aktivitas penilaian atau assesment, kedua model penalaran ini dapat digunakan untuk menentukan format soal assessment, cara pelaksanaan assessment, analisa kemiripan kalkulasi nilai dan analisa kemiripan saran-saran assessment. Untuk menyusun aturan-aturan (rules) dapat digunakan algoritma ID3 yang akan menghasilkan pohon keputusan dan tabel aturan penentuan format soal dan cara assessment. Sedangkan untuk analisa kemiripan kalkulasi nilai dan saran dalam assessment dengan menentukan bobot kedekatan atribut dan bobot kemiripan kasus assessment menggunakan fungsi kemiripan kasus baru dengan kasus lama menggunakan algoritma nearest neaighbor. Kombinasi bentuk penalaran berbasis aturan dan kasus tersebut di integrasikan kedalam kerangka kerja sistem eassessment berbasis web.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Information System
ID Code:29572
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:05 Oct 2011 10:46
Last Modified:05 Oct 2011 10:46

Repository Staff Only: item control page