PERBAIKAN TAMPILAN WEBSITE OPAC (ONLINE PUBLIC ACCESS CATALOGUE) RUANG BACA TEKNIK INDUSTRI DENGAN METODE TASK-CENTERED SYSTEM DESIGN DAN BERDASARKAN TINGKAT USABILITAS

Erryska Dharmawan, Dhimas (2011) PERBAIKAN TAMPILAN WEBSITE OPAC (ONLINE PUBLIC ACCESS CATALOGUE) RUANG BACA TEKNIK INDUSTRI DENGAN METODE TASK-CENTERED SYSTEM DESIGN DAN BERDASARKAN TINGKAT USABILITAS. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
7Kb

Abstract

ABSTRAKSI Perpustakaan program studi Teknik Industri Universitas Diponegoro yang bernama Ruang Baca Teknik Industri (RBTI) telah menggunakan sistem OPAC sejak tahun 2009 lalu. Dengan alamat website www.industri.ft.undip.ac.id/rbti ini RBTI telah menyediakan pelayanan catalog on-line yang dapat diakses mahasiswa dari manapun dengan cara mengakses website RBTI. Hal ini dilakukan oleh pihak RBTI dikarenakan semakin banyaknya jumlah pengguna dan bertambahnya koleksi RBTI.. Dalam berlangsungnya proses akademik, fungsi dari website RBTI sangatlah penting. Ternyata sejak website RBTI ini dirancang, hingga saat ini belum pernah dilakukan uji usabilitas terhadap halaman web tersebut. Hal ini menyebabkan tidak diketahuinya tingkat usabilitas dari website ini. Selain itu mahasiwa Teknik Industri sendiri masih merasa bingung dan kurang tertarik mengakses website RBTI. Untuk itu perlu dilakukan task analysis untuk mengidentifikasi kebutuhan user dan task dari website RBTI sebagai dasar perancangan interface web. Pengembangan yang dilakukan pada game melalui 2 tahap yaitu tahap pertama Task-Centered System Design (TCSD) dan kemudian tahap Pengujian Usabilitas. Pada tahap Task Centered System Design dapat diketahui kebutuhan daripada Task pada website OPAC RBTI lalu pada tahap selanjutnya tingkat usabilitas dari web dapat diketahui. Perancangan ulang interface website OPAC RBTI telah berhasil dilakukan dengan memperhatikan kebutuhan task dan juga tingkat usabilitas, sehingga didapat tampilan baru yang lebih usable.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Kata kunci : OPAC, interface, Usable, Usabilitas, TCSD
Subjects:T Technology > T Technology (General)
T Technology > TS Manufactures
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
ID Code:29526
Deposited By:Admin teknik industri
Deposited On:30 Sep 2011 10:58
Last Modified:30 Sep 2011 10:58

Repository Staff Only: item control page