PERANCANGAN DESAIN PRODUK SPEAKER AKTIV MELALUI PENGGABUNGAN METODE TAGUCHI DAN QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT ( QFD) (Pengembangan Prosedur Perencanaan dan Perancangan Produk Speaker Aktiv PT Internusa)

Agung Prihandoyo, Ari (2011) PERANCANGAN DESAIN PRODUK SPEAKER AKTIV MELALUI PENGGABUNGAN METODE TAGUCHI DAN QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT ( QFD) (Pengembangan Prosedur Perencanaan dan Perancangan Produk Speaker Aktiv PT Internusa). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
46Kb

Abstract

ABSTRAKSI PT Internusa sebagai produsen speaker aktiv sedang berusaha untuk meningkatkan kualitas produk yang dimilikinya. Kualitas speaker aktiv sangat terkait dengan desain produknya ,sehingga diperlukan identifikasi yang mendalam terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas produk.. Oleh sebab itu perlu dibuat sebuah prosedur atau langkah pengembangan produk yang mampu menjawab permasalahan yang ada dalam perusahaan.Dengan identifikasi yang mendalam mengenai metode desain produk yaitu dari segi kelebihan dan kelemahannya serta kemampuan untuk saling menutupi kelemahan masing- masing metode maka dimungkinkan untuk dapat menggabungkan Quality Function Deployment ( QFD) dan Metode Taguchi untuk mendapatkan prosedur pengembangan produk. Metode Taguchi ini sangat cocok untuk menyempurnakan metode QFD dalam respon teknisnya. Dalam perancangan speaker aktiv ini, prosedur pengembangan produk menggunakan metode Quality Function Deployment (QFD) pada fase perencanaan produk dan pada fase perencanaan desain menggunakan gabungan dari metode Taguchi dan Quality Function Deployment (QFD). Pada fase perencanaan produk, dilakukan identifikasi konsumen sebagai data mentah untuk penentuan spesifikasi teknis. Identifikasi konsumen dilakukan dengan melakukan penyebaran kuesioner yang berisikan semua kebutuhan konsumen terhadap speaker aktiv. Pada fase perencanaan produk ini daftar kebutuhan konsumen diterjemahkan dan diolah hingga didapatkan target spesifikasi teknis yang disesuaikan dengan karakteristik teknis produk dan hasil bencmarking dengan produk pesaing. Keseluruhan fase perencanaan produk ini kemudian dirangkum dalam bentuk House of Quality (HOQ). HOQ pada fase perencanaan produk digunakan sebagai acuan pada fase berikutnya, yakni fase perencanaan disain. Pada pada fase perencanaan disain digunakan metode taguchi untuk menguji faktor- faktor yang terkait kualitas speaker aktiv dengan menggunakan eksperimen sehingga didapatkan komposisi faktor – faktor terkait yang sesuai dengan target kualitas kunci produk. Kemudian dihasilkan beberapa alternative disain yang akan dievaluasi dan dipilih satu sebagai hasil disain akhir produk. Alternatif-alternatif ini dibuat berdasarkan aspek-aspek kebutuhan yang telah diidentifikasi pada awal tahap dan analisis fungsional produk serta hasil eksperimen Taguchi. Disain akhir yang terpilih ditampilkan dalam bentuk gambar teknik sebagai pedoman proses produksi yang sebenarnya.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Kata Kunci :Kebutuhan Konsumen, Quality Function Deployment, Taguchi, Prosedur Pengembangan Produk, House of Quality, Desain Produk, Speaker aktiv
Subjects:T Technology > T Technology (General)
T Technology > TS Manufactures
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
ID Code:29515
Deposited By:Admin teknik industri
Deposited On:29 Sep 2011 14:29
Last Modified:29 Sep 2011 14:29

Repository Staff Only: item control page