Hubungan Lingkar Pinggang, Frekuensi Konsumsi Makanan Gorengan, dan Aktivitas Fisik Dengan Kadar Glukosa Darah Pada Wanita Dewasa

Farah Melchalida, Farah Melchalida (2011) Hubungan Lingkar Pinggang, Frekuensi Konsumsi Makanan Gorengan, dan Aktivitas Fisik Dengan Kadar Glukosa Darah Pada Wanita Dewasa. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
406Kb

Abstract

Abstrak Latar Belakang : Kadar glukosa darah diatas normal merupakan tanda awal terjadinya penyakit diabetes melitus. WHO memprediksi pada tahun 2030 jumlah penderita diabetes di Indonesia sekitar 21.3 juta orang sehingga Indonesia akan menduduki rangking ke 4 terbesar di dunia. Beberapa faktor risiko yang berkaitan dengan meningkatnya kadar glukosa darah adalah lingkar pinggang, kurangnya aktivitas fisik dan asupan tinggi energi, salah satunya makanan gorengan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan lingkar pinggang, frekuensi konsumsi makanan gorengan, dan aktivitas fisik dengan kadar glukosa darah pada wanita dewasa. Metode : Studi cross sectional ini melibatkan 33 wanita dewasa yang dipilih secara purposive sampling. Data lingkar pinggang diambil dengan pita meteran. Data frekuensi konsumsi makanan gorengan diperoleh melalui kuesioner dan data aktivitas fisik diperoleh melalui kuesioner. Data kadar GDP dan GD2JPP diukur dengan metode glukosa oksidase . Analisa bivariat dengan uji korelasi Rank Spearman. Hasil : Sebanyak 93,9% subjek memiliki GDP normal, dan 90,9% memiliki GD2JPP normal. Seluruh subjek memiliki ukuran lingkar pinggang ≥ 80 cm. 75,8% subjek sering mengkonsumsi makanan gorengan dimana jenis makanan gorengan yang paling sering dikonsumsi adalah tempe goreng. 45,5% subjek memiliki tingkat aktivitas fisik ringan. Tidak terdapat hubungan antara besarnya lingkar pinggang,frekuensi konsumsi makanan gorengan, dan aktivitas fisik dengan GDP dan GD2JPP. Terdapat hubungan antara frekuensi konsumsi makanan gorengan dengan lingkar pinggang (r=0,346, p=0,049) Kesimpulan : Tidak terdapat hubungan antara lingkar pinggang, frekuensi konsumsi makanan gorengan, dan aktivitas fisik dengan kadar glukosa darah. Frekuensi konsumsi makanan gorengan berhubungan dengan lingkar pinggang.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:wanita dewasa, lingkar pinggang, makanan gorengan, aktivitas fisik, glukosa darah
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
ID Code:29238
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:10 Oct 2011 23:10
Last Modified:20 Jun 2014 16:25

Repository Staff Only: item control page