Hubungan Frekuensi Olahraga Dan Komposisi Tubuh (Indeks Massa Tubuh (Imt) Dan Persen Lemak Tubuh) Dengan Kesegaran Jasmani Pada Siswi SMA

Susi Susanti Amirudin, Susi Susanti Amirudin (2011) Hubungan Frekuensi Olahraga Dan Komposisi Tubuh (Indeks Massa Tubuh (Imt) Dan Persen Lemak Tubuh) Dengan Kesegaran Jasmani Pada Siswi SMA. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
511Kb

Abstract

ABSTRAK Latar Belakang: Kesegaran jasmani merupakan indikator kesehatan yang penting bagi remaja. Remaja putri memiliki kesegaran jasmani lebih rendah daripada remaja putra. Frekuensi olahraga dan komposisi tubuh (IMT dan persen lemak tubuh) adalah beberapa faktor yang berpengaruh terhadap kesegaran jasmani. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan frekuensi olahraga dan komposisi tubuh (IMT dan Persen Lemak Tubuh) dengan kesegaran jasmani pada siswi SMA. Metode: Penelitian analitik dengan desain cross sectional, jumlah sampel sebanyak 46 remaja putri diambil dengan metode proportional random sampling. Data frekuensi olahraga diperoleh melalui kuesioner frekuensi olahraga. IMT diukur dengan menggunakan metode antropometri. Persen lemak tubuh diukur dengan menggunakan Bioelectric Impedance Analyzer (BIA). Data aktivitas fisik diperoleh melalui form aktivitas fisik harian, dan kesegaran jasmani diukur dengan metode Harvard Step Test. Analisis data dengan Kolmogorov Smirnov, Rank Spearman, korelasi parsial, Pearson Product Moment dan regresi linier ganda. Hasil: Sebagian besar subjek (69,6%) kesegaran jasmaninya termasuk dalam kategori kurang, dan lebih dari saparuh subjek (67,4%) tidak pernah berolahraga di luar jam sekolah. Sedangkan untuk IMT sebagian besar subjek (69,6%) termasuk dalam kategori IMT normal, begitu juga untuk persen lemak tubuh, sebagian besar subjek (58,27%) termasuk dalam kategori persen lemak tubuh normal. Terdapat hubungan yang bermakna antara frekuensi olahraga dengan kesegaran jasmani (r = 0,415; p = 0,004), terdapat hubungan yang bermakna antara IMT dengan kesegaran jasmani (r = -0,298; p = 0,044). Tidak terdapat hubungan yang bermakna antara persen lemak tubuh dengan kesegaran jasmani (r = -0,219; p = 0,144). Frekuensi olahraga dan IMT merupakan variabel yang paling berhubungan dengan kesegaran jasmani. Kesimpulan: Frekuensi olahraga dan IMT merupakan variabel yang paling berhubungan dengan kesegaran jasmani.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Frekuensi olahraga, IMT, persen lemak tubuh, aktivitas fisik, kesegaran jasmani
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
ID Code:29234
Deposited By:Dian Widanarta
Deposited On:10 Oct 2011 23:23
Last Modified:20 Jun 2014 16:26

Repository Staff Only: item control page