ESTIMASI KURVA YIELD OBLIGASI PEMERINTAH KODE FR (FIXED RATE) MENGGUNAKAN CUBIC B-SPLINE

WARDANI, DINA KUSUMA (2011) ESTIMASI KURVA YIELD OBLIGASI PEMERINTAH KODE FR (FIXED RATE) MENGGUNAKAN CUBIC B-SPLINE. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
216Kb

Abstract

Obligasi adalah salah satu instrumen investasi berpendapatan tetap karena keuntungan yang diberikan kepada investor obligasi didasarkan pada tingkat suku bunga yang telah ditentukan sebelumnya. Tingkat keuntungan yang akan diterima oleh investor apabila memegang obligasi sampai dengan jatuh tempo disebut dengan yield to maturity. Suatu analisis yang menjelaskan hubungan antara yield to maturity dengan waktu jatuh tempo obligasi disebut struktur jangka waktu tingkat bunga (term structure of interest rates). Struktur jangka waktu tingkat bunga ini digambarkan melalui grafik antara yield dengan waktu jatuh temponya sehingga membentuk kurva yang dinamakan kurva yield (yield curve). Tugas akhir ini membahas estimasi kurva yield obligasi pemerintah kode FR (Fixed Rate) menggunakan cubic B-spline untuk data tanggal 14, 16 dan 17 Februari 2011 yang diperoleh dari Bursa Efek Indonesia (BEI). Kurva yield tanggal 17 Februari terlihat lebih fluktuatif dibandingkan tanggal 14 dan 16 Februari.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:obligasi pemerintah, Fixed Rate, yield to maturity, struktur jangka waktu tingkat bunga, kurva yield, cubic B-spline
Subjects:Q Science > Q Science (General)
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Statistics
ID Code:29156
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:22 Aug 2011 11:32
Last Modified:22 Aug 2011 11:32

Repository Staff Only: item control page