ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU PEKERJA DALAM MELAKSANAKAN FLOOD EMERGENCY RESPONSE (FER) DI PT MKM JAKARTA TIMUR

HANDARIZKA, PUTRI (2011) ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU PEKERJA DALAM MELAKSANAKAN FLOOD EMERGENCY RESPONSE (FER) DI PT MKM JAKARTA TIMUR. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
13Kb

Official URL: http://www.fkm.undip.ac.id

Abstract

PT. Mitsubishi Kramayudha Motors and Manufacturing (MKM) Jakarta Timur merupakan jenis industri manufuktur yang terletak di sepanjang Sungai Cakung yang menyebabkan banjir pada perusahaan pada tahun 2002, 2005 dan 2007 hingga menyebabkan proses produksi terhenti. Hal tersebut dapat mengakibatkan kerugian besar-besaran bagi perusahaan terutama kerugian materi. Kejadian pertama pada tahun 2002 yang mendorong perusahaan untuk membuat prosedur Flood Emergency Reponse (FER). Akan tetapi, perusahaan baru membuatkan jadwal sosialisasi pada seluruh pekerja pada tahun 2010 ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor predisposisi, faktor pemungkin, dan faktor penguat yang mempengaruhi perilaku pekerja terhadap prosedur Flood Emergency Response (FER) sesuai yang telah ditetapkan di PT. Mitsubishi Kramayudha Motors and Manufacturing (MKM). Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif menggunakan metode observasi, Focus Group Discussion (FGD) pada kedelapan subjek penelitian untuk menyamakan persepsi antara peneliti dan subjek penelitian mengenai gambaran umum permasalahan yang akan diteliti dan wawancara mendalam sebagai tindak lanjut dari FGD kepada kedelapan subjek penelitian. Wawancara mendalam juga dilakukan pada ketiga informan triangulasi. Subjek penelitian adalah 8 pekerja lapangan dengan informan triangulasi yaitu, Ahli K3, Manajer Produksi dan Asisten Manajer Produksi. Objek Penelitian ini adalah profil PT. MKM, data mengenai kasus banjir, dan data mengenai implementasi Flood Emergency Response )FER) di PT. MKM. Validitas dalam penelitian ini menggunakan triangulasi metode, sumber dan teori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor predisposisi, pemungkin dan penguat mempengaruhi perilaku pekerja terhadap prosedur Flood Emergency Response (FER) di PT Mitsubishi Kramayudha Motors and Manufacturing (MKM) Jakarta Timur. Kata Kunci: Analisis, faktor yang mempengaruhi perilaku pekerja, prosedur Flood Emergency Response (FER).

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:29020
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:09 Aug 2011 10:26
Last Modified:09 Aug 2011 10:26

Repository Staff Only: item control page