CANDRA, YULDI (2006) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KETIDAKINGINAN MASYARAKAT MENJADI PELANGGAN AIR BERSIH PDAM DI KABUPATEN KERINCI. Undergraduate thesis, Diponegoro University.
| PDF - Published Version 31Kb |
Official URL: http://www.fkm.undip.ac.id
Abstract
PDAM Mempunyai peran yang cukup strategis dalam memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat. Untuk itu air yang diproduksinya harus memenuhi syarat kesehatan, sehingga aman dikonsumsi oleh masyarakat. Saat ini jumlah pelanggan PDAM Tirta Sakti masih rendah yaitu 35%. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan minat masyarakat menjadi pelanggan PDAM Tirta Sakti Kabupaten Kerinci Propvinsi Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian penjelasan explanatory researchdengan pendekatan cross sectional dan metode survey. Sampel dalam penelitian ini adalah masyarakat yang belum berlangganan PDAM Tirta Sakti berjumlah 95 orang. Penelitian ini menggunakan uji statistik Chi Squaredengan alfa=0,05. Hasil penelitian menujukkan ada hubungan yang signifikan antara tingkat pendapatan (p=0,001 alfa=0,05), tingkat pengetahuan (p=0,008, alfa = 0,05),tingkat pendidikan (p=0,001, alfa=0,05), perepsi pelanggan tentang harga air (p=0,001, alfa = 0,05) dan Kualitas pelayanan PDAM (p=0,001, alfa =0,05) dengan ketidakinginan minat menjadi pelanggan air bersih PDAM. Kesimpulan penelitian ini adalah ada hubungan antara tingkat pendidikan,tingkat pendapatan,harga air, kualitas pelayanan dan tingkat pengetahuan responden dengan ketidakinginan menjadi pelanggan air bersih PDAM. Bagi PDAM Tirta Sakti disarankan untuk meningkatkan pengetahuan dengan memberikan penyuluhan air bersih pada masyarakat, membangun hidran umum pada pemukiman penduduk yang berpenghasilan rendah dan meningkatkan kualitas Pelayanan PDAM. Kata Kunci: Air Bersih, PDAM, Ketidaingginan Pelanggan. SOME FACTORS RELATED TO SOCIETY UNWISH BECOME CUSTOMER OF CLEAN WATER OF PDAM TIRTA SAKTI SUB-PROVINCE OF KERINCI PDAM have a strategic role in fulfilling clean water required by society. Thereforefe its produced water have to be up to standard of health, so that safe to be consumed by society. In this time the custumers of PDAM Tirta Sakti still low, that is 35%. Target of this research is to know some factors related to society enthusiasm become customer of PDAM Tirta Sakti in Sub-Province of Jambi. This research is a explanatort research with cross sectional approach and with survey method. These samples are people which not yet subscribed to PDAM Tirta Sakti which amount to 95 peoples. This Research used statistical test of Chi Square with alfa=0,05. Result of research shows there is a significant relation between earnings level (p=0,001, alfa = 0,05), knowledge level (p=0,008, alfa = 0,05), education level (p=0,001, alfa 0,05) perception of customer about water price (p=0,001, alfa = 0,05) and service quality of PDAM (p=0,001 alfa = 0,005) with unwish become customer of PDAM. Conclusion from this research there is a relation between education level, earnings level, water price, quality of service, and knowledge level with their unwish to become clean water customers of PDAM. It is suggested to PDAM Tirta Sakti to make recalculation to elementary clean water tariff which applied currently, improving knowleddge by giving information of clean water to society and improve the service quality of PDAM.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine |
Divisions: | Faculty of Public Health > Department of Public Health |
ID Code: | 28975 |
Deposited By: | INVALID USER |
Deposited On: | 08 Aug 2011 09:48 |
Last Modified: | 08 Aug 2011 09:48 |
Repository Staff Only: item control page