PENGARUH COLD EGR (EXHAUST GAS RECIRCULATION)TERHADAP GAS BUANG PADA MESIN DISEL

PURWOKO, Wijang Setiyo and SYAIFUL, Syaiful (2011) PENGARUH COLD EGR (EXHAUST GAS RECIRCULATION)TERHADAP GAS BUANG PADA MESIN DISEL. Undergraduate thesis, Mechanical Engineering Departement of Engineering Faculty, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
209Kb

Official URL: http://perpus.mesin.undip.ac.id/

Abstract

salah satunya disebabkan oleh hasil pembakaran kendaran bermotor yang tidak sempurna.. Para pakar otomotif dunia terus melakukan inovasi terhadap produkproduknya, agar gas buang menjadi lebih ramah lingkungan. Sekarang ini kendaraan yang ramah lingkungan sudah menjadi trend dunia,termasuk di Indonesia. Pada penelitian ini digunakan EGR (Exhaust Gas Recirculation) yaitu gas buang yang dimasukan kembali ke intak manifold dan berfungsi menurunkan NOx dan konsumsi bahan bakar. EGR yang di gunakan memakai system pendingin untuk mendinginkan suhu gas buang menggunakan HE (Heat Exchanger). Penelitian ini juga meneliti adanya perbedaan kepekatan gas buang antara mesin diesel yang mengunakan Cold EGR dengan mesin diesel standar tanpa penggunaan Cold EGR. Pengujian dilakukan pada mesin isuzu panther indirect injection dengan bahan bakar solar. Dari hasil pengujian dengan penambahan alat berupa EGR diperoleh kenaikan opacity sebesar 108,54 % sehingga asap yang keluar jauh lebih banyak di banding tanpa penggunaan EGR , Akan tetapi penggunaan EGR memberi dampak positif yaitu meningkatnya efisiensi bahan bakar (ηƒ) sebesar 64,14 % di banding mesin tanpa penggunaan EGR. Semua data di ambil pada EGR 12,6% dengan temperatur T3 600C saat putaran 2500 rpm dengan beban 100%.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering
Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering
ID Code:28954
Deposited By:Mrs yuni nurjanah
Deposited On:05 Aug 2011 11:18
Last Modified:05 Aug 2011 11:18

Repository Staff Only: item control page