ANALISIS FAKTOR PERILAKU DALAM PENGGUNAAN ALAT PELINDUNG DIRI (APD) PADA PENERAPAN CONTRACTOR SAFETY MANAGEMENT SYSTEM (CSMS) (STUDI PADA PEKERJA KONTRAKTOR DI PT. X CEPU)

YUNIARTI , NUR KARTIKA (2011) ANALISIS FAKTOR PERILAKU DALAM PENGGUNAAN ALAT PELINDUNG DIRI (APD) PADA PENERAPAN CONTRACTOR SAFETY MANAGEMENT SYSTEM (CSMS) (STUDI PADA PEKERJA KONTRAKTOR DI PT. X CEPU). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
13Kb

Official URL: http://www.fkm.undip.ac.id

Abstract

Pada kegiatan industri migas, sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja yang khusus memberikan perhatian kepada para kontraktor dikenal dengan Contractor Safety Management System (CSMS). Salah satu permasalahan yang ada pada kontraktor di lapangan saat ini yang berhubungan dengan Contractor Safety Management System adalah tidak disiplin dalam memakai alat pelindung diri. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis faktor predisposing,enabling dan reinforcing perilaku pekerja kontraktor dalam penggunaan APD pada penerapan Contractor Safety Management System di PT. X Cepu. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan interpretive. Subjek penelitian ini adalah pekerja kontraktor dalam penggunaan APD di PT. X Cepu. Jumlah subjek penelitian ini adalah 4 subjek penelitian. Penelitian dilakukan dengan wawancara mendalam dan observasi. Data dianalisis secara kualitatif dengan pola pikir deskriptif. Pengujian validitas dengan triangulasi sumber dan metode. Dari hasil penelitian diperoleh hasil faktor predisposing pekerja dalam penggunaan APD adalah pengetahuan, sikap, keyakinan, kenyamanan dalam penggunaan APD dan penilaian tentang manfaat penerapan APD. Faktor enabling pekerja dalam penggunaan APD adalah kebijakan perusahaan khususnya APD, tersedianya sarana APD, dan pelatihan pekerja di perusahaan khususnya pelatihan APD. Faktor reinforcing pekerja dalam penggunaan APD adalah pengawasan, rekan kerja, dan supervisi atasan. Disarankan untuk tindak lanjut, upaya yang dilakukan oleh perusahaan adalah pelatihan, pengawasan dan sanksi secara tegas tentang APD. Kata Kunci: Perilaku, APD, CSMS

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:28914
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:04 Aug 2011 13:23
Last Modified:04 Aug 2011 13:23

Repository Staff Only: item control page