HUBUNGAN PENGETAHUAN, SIKAP, UMUR, MASA KERJA DAN KENYAMANAN PADA TENAGA KERJA UNIT SPINNING DENGAN PRAKTIK PEMAKAIAN EAR PLUG DI INDUSTRI TEKSTIL BOYOLALI

KHASANAH, UMI (2010) HUBUNGAN PENGETAHUAN, SIKAP, UMUR, MASA KERJA DAN KENYAMANAN PADA TENAGA KERJA UNIT SPINNING DENGAN PRAKTIK PEMAKAIAN EAR PLUG DI INDUSTRI TEKSTIL BOYOLALI. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
12Kb

Official URL: http://www.fkm.undip.ac.id

Abstract

Kebisingan merupakan potensi bahaya yang dapat menimbulkan gangguan pendengaran baik sementara maupun menetap. Salah satu cara untuk mengendalikan akibat dari kebisingan yaitu dengan cara memakai alat pelindung telinga (ear plug). Praktik pemakaian alat pelindung diri ear plug dipengaruhi oleh karakteristik pengetahuan, sikap dan kenyamanan tentang alat pelindung tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan, sikap, umur, masa kerja dan kenyamanan pada tenaga kerja dengan praktik pemakaian ear plug. Penelitian ini merupakan jenis explanatory dengan metode survey. Desain penelitian yang digunakan adalah cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh tenaga kerja unit spinning di Industri Tekstil Boyolali, dengan sampel berjumlah 61 responden yang diambil dengan teknik simple random sampling. Teknik analisa data yang digunakan adalah uji statistik chi square dengan alfa sebesar 0,05. Uji statistik menunjukkan bahwa ada hubungan antara sikap dan tingkat kenyamanan dengan praktik pemakaian ear plug. Sedangkan pengetahuan, umur dan masa kerja dengan praktik pemakaian ear plug tidaka ada hubungan. Kata Kunci: pengetahuan, sikap, umur, kenyamanan, praktik, ear plug.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:28882
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:03 Aug 2011 10:49
Last Modified:03 Aug 2011 10:49

Repository Staff Only: item control page