HUBUNGAN ANTARA KADAR SENG (Zn) SERUM DENGAN SKOR TUBERKULOSIS PARU ANAK (The Association Between Serum Zinc (Zn) level and Pulmonary Tuberculosis Score in Children)

Pryjambodo, Medy (2008) HUBUNGAN ANTARA KADAR SENG (Zn) SERUM DENGAN SKOR TUBERKULOSIS PARU ANAK (The Association Between Serum Zinc (Zn) level and Pulmonary Tuberculosis Score in Children). Masters thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
1246Kb

Official URL: http://eprints.undip.ac.id/28844

Abstract

Tujuan : Mengetahui hubungan kadar seng (Zn) serum dengan skor tuberkulosis (TB) paru anak dan menilai hubungan faktor lain yang terkait dengan terjadinya TB paru anak ( status gizi, kadar Hemoglobin, kadar feritin ). Metode : Studi belah lintang, di Bangsal Poliklinik Paru Anak, Poliklinik Umum Anak dan Bangsal Anak RS. Dr. Kariadi Semarang, dari Mei 2007 s/d Oktober 2007. Sebanyak 59 anak umur 6 bulan s/d 12 tahun masuk dalam kriteria inklusi. Variabel bebas meliputi kadar hemoglobin, kadar feritin, kadar seng serum. Variabel tergantung adalah skor TB. Analisis statistik dilakukan dengan Mann- Whitney, uji t, uji korelasi Pearson, Spearman dan regresi linier. Data diolah dengan SPSS 15,0. Hasil : Dari 59 anak didapatkan 54,8% anak dengan konfirmasi TB. Hasil uji korelasi Rank Spearman tidak didapatkan perbedaan yang bermakna secara statistik antara kadar feritin (p=0,34) dan seng (p=0,08) dengan skor TB, sedangkan hasil uji korelasi Pearson tidak didapatkan perbedaan yang bermakna secara statistik antara kadar Hb (p=0,08) dengan skor TB. Uji regresi linier menunjukkan tidak ada pengaruh yang bermakna dari seng serum (p=0,05), Hb dan feritin terhadap skor TB (p =0,34) dan (p=0,13). Simpulan : Tidak terdapat pengaruh yang bermakna antara kadar seng serum dengan TB paru anak. Kata kunci : Kadar seng, TB paru, anak.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:R Medicine > RJ Pediatrics > RJ101 Child Health. Child health services
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Biomedical Science
ID Code:28844
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:02 Aug 2011 09:10
Last Modified:02 Aug 2011 09:10

Repository Staff Only: item control page