HUBUNGAN UMUR, PENGETAHUAN, SIKAP, DUKUNGAN KELUARGA, DUKUNGAN TEMAN KERJA, DENGAN PRAKTIK SAFETY RIDING PADA KARYAWAN BISNIS DEVELOPMENT REPRESENTATIF (BDR)

RUKFIATI , DIAN AFRILIA (2010) HUBUNGAN UMUR, PENGETAHUAN, SIKAP, DUKUNGAN KELUARGA, DUKUNGAN TEMAN KERJA, DENGAN PRAKTIK SAFETY RIDING PADA KARYAWAN BISNIS DEVELOPMENT REPRESENTATIF (BDR). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
12Kb

Official URL: http://www.fkm.undip.ac.id

Abstract

Safety riding adalah suatu usaha yang dilakukan dalam meminimalisir tingkat bahaya dan memaksimalkan keamanan dalam berkendara, demi menciptakan suatu kondisi, pada titik tidak membahayakan pengendara lain dan menyadari kemungkinan bahaya yang dapat terjadi di sekitar kita serta pemahaman akan pencegahan dan penanggulangannya. PT Coca Cola Bottling adalah perusahaan yang menggunakan kendaraan bermotor dalam distribusinya. Berdasarkan data awal pada bulan Januari-April 2010 terdapat 5 kasus kecelakaan lalu lintas yang dialami karyawan bagian BDR. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara umur, pengetahuan, sikap, dukungan keluarga, dukungan teman kerja dengan praktik safety riding. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan (explanatory research) dengan pendekatan cross sectional. Subjek penelitian ini adalah karyawan bagian bisnis development representatif (BDR) sejumlah 64 orang. Berdasarkan uji statistik chi-square didapatkan umur, pengetahuan, sikap, dukungan keluarga dan dukungan teman kerja memiliki p-value < 0,05. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada hubungan antara umur, pengetahuan, sikap, dukungan keluarga dan dukungan teman kerja dengan praktik safety riding. Kata Kunci: safety riding, pengetahuan, sikap, praktik

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:28826
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:01 Aug 2011 11:08
Last Modified:01 Aug 2011 11:08

Repository Staff Only: item control page