FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PENGGUNAAN HELM STANDAR NASIONAL (SNI) OLEH PENGENDARA SEPEDA MOTOR SEBAGAI ALAT PELINDUNG KESELAMATAN BERKENDARA (STUDI PADA MAHASISWA FKM UNDIP SEMARANG)

SAMBODO, PRIYO (2010) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PENGGUNAAN HELM STANDAR NASIONAL (SNI) OLEH PENGENDARA SEPEDA MOTOR SEBAGAI ALAT PELINDUNG KESELAMATAN BERKENDARA (STUDI PADA MAHASISWA FKM UNDIP SEMARANG). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
13Kb

Official URL: http://www.fkm.undip.ac.id

Abstract

Salah satu usaha untuk meminimalisasi risiko kecelakaan saat berkendara sepeda motor adalah dengan memakai alat pelindung diri dan meningkatkan keahlihan berkendara. Salah satu alat pelindung keselamatan adalah helm, karena helm dapat mencegah terjadinya benturan pada kepala yang dapat menyebabkan trauma capitis bahkan kematian. Dengan demikian diperlukan suatu standarisasi helm untuk mencegah terjadinya risiko tersebut. Tidak semua pengendara sepeda motor memberikan respon positif terhadap kewajiban untuk mengunakan helm SNI tersebut. Penggunaan helm standar SNI dipengarui oleh beberapa faktor yaitu pengetahuan, sikap, budaya masyarakat,persepsidan dukungan keluarga serta teman. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahi faktor-faktor yang berhubungan dengan penggunaan helm Standar Nasional (SNI) oleh pengendara Sepeda Motorsebagai Alat pelindung Keselamatan Berkendara. (Studi pada Mahasiswa FKM Undip Semarang). Jenis penelitian yang digunakan adalah descriptive analicis dengan metode tabulasi silang. Populasi penelitian adalah mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro Semarang yang menggunakan sepeda motor untuk beraktivitas ke kampus degan sempel penelitian sebanyak 64 orang. Hasil penelitian menunjukan terdapat hubungan yang bermakna antara pengetahuan p value (0,007) , sikap p (0,011) budaya masyarakat p value (0,011) ,persepsi p value (0,004) , dukungan keluarga dan teman p value 0,030 ,dengan perilaku penggunaan helm SNI. Disarankan untuk mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat menjadi teladan bagi masyarakat dalam penggunaan helm SNI sebagai alat pelindung kesehatan sepeda motor. Kata Kunci: Penggunaan Helm Standar Nasional Indonesia, Pengendara Sepeda Motor. Alat Pelindung Keselamatan Berkendara.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:28824
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:01 Aug 2011 10:36
Last Modified:01 Aug 2011 10:36

Repository Staff Only: item control page