Hubungan Standar Produk dengan Inovasi Produk pada Industri Elektronik (Studi Kasus PT. Hartono Istana Teknologi)

Susanty, Aries and Bakhtiar, Arfan and Sari, Diana Puspita Hubungan Standar Produk dengan Inovasi Produk pada Industri Elektronik (Studi Kasus PT. Hartono Istana Teknologi). Technical Report. Faculty of Engineering, Semarang. (Submitted)

[img]
Preview
PDF - Submitted Version
210Kb

Abstract

Perkembangan teknologi dan persaingan global mendorong perusahaan untuk selalu mencari dan mengembangkan cara yang lebih efektif dan efisien dalam merancang, memproduksi, dan memasarkan berbagai jenis produk yang bermanfaat dengan harga terjangkau. Dalam hal ini, inovasi produk sangat diperlukan agar dapat bersaing dengan produk sejenis lainnya. Inovasi dilakukan dengan maksud menghasilkan suatu produk dengan tawaran baru yang menarik bagi konsumen. Seiring dengan perkembangan inovasi dan teknologi, standar pun diperlukan untuk menjamin performansi, kesesuaian, dan keamanan dari suatu produk yang dihasilkan maupun proses-prosesnya. Standar dapat menjadi sumber informasi bagi pelaksanaan inovasi dan juga dapat menjadi batasan apa saja yang dapat dan tidak dapat dilakukan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan single case study research dalam upaya mengetahui bagaimana kebijakan perusahaan dalam mengembangkan inovasi produknya, bagaimana kebijakan perusahaan dalam penggunaan standar produk tertentu, bagaimana peran perusahaan dalam perumusan standar produk yang digunakan, dan bagaimana hubungan standar produk dengan keberhasilan inovasi produk yang dilakukan perusahaan dalam konteks sebagai perusahaan elektronik nasional. Dari hasil penelitian diketahui bahwa Inovasi yang dilakukan pada produk-produk PT Hartono Istana Teknologi diperoleh dari dua macam cara yaitu dari luar dan dari dalam. Inovasi dari luar datangnya dari pihak marketing dan pihak R&D, sedangkan inovasi dari dalam merupakan ide-ide yang muncul dari karyawan melalui 3i Contest. Setiap kebijakan inovasi akan dinilai kelayakannya berdasarkan KIAT 7AT yaitu Hebat-Citra, Pesat-Teknologi, Cermat-Mutu, Hemat-Biaya, Tepat-Delivery, Sehat-Pribadi, Kuat-Potensi. Secara umum, tahapan inovasi di PT Hartono Istana Teknologi terdiri dari tahap identifikasi/pengenalan, perumusan ide, penyelesaian masalah, solusi, pengembangan, difusi dan utilisasi. PT Hartono Istana Teknologi dalam menerapkan standar produk tertentu memiliki pertimbangan-pertimbangan diantaranya yaitu kesesuaian dengan standar atau spesifikasi yang diterima oleh pasar tujuan, keadaan sehari-hari atau berdasarkan uji coba atau inovasi yang dilakukan oleh perusahaan, serta standar wajib yang ditetapkan di Indonesia. Standar memberikan batasan pada inovasi produk dalam hubungannya dengan eksternalitas jaringan, interkonektivitas dan interoperabilitas, dan jaminan keamanan, tetapi bukan berarti standar menghambat inovasi karena batasan tersebut yang akan membantu inovasi agar tidak mengalami kegagalan pada saat terdifusi ke pengguna. Pada PT Hartono Istana Teknologi, wadah Commitment and Creativity Center (3C) menyeimbangkan antara komitmen yang dalam hal ini adalah komitmen terhadap standar yang berlaku, dengan kreatifitas yang harus terus maju dan berkembang. Kata kunci : standar, standardisasi, inovasi, industri elektronik

Item Type:Monograph (Technical Report)
Subjects:T Technology > TS Manufactures
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
ID Code:28721
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:27 Jul 2011 14:31
Last Modified:27 Jul 2011 14:31

Repository Staff Only: item control page