LOKAKARYA PENGEMBANGAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI PROGRAM STUDI DIII TEKNIK MESIN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS DIPONGORO - 2011

D3 Teknik Mesin, Fak. Teknik and Rahmat, Rahmat (2011) LOKAKARYA PENGEMBANGAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI PROGRAM STUDI DIII TEKNIK MESIN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS DIPONGORO - 2011. [Image]

[img]
Preview
Image (JPEG)
131Kb
[img]
Preview
Image (JPEG)
184Kb
[img]
Preview
Image (JPEG)
130Kb
[img]
Preview
Image (JPEG)
169Kb
[img]
Preview
Image (JPEG)
131Kb
[img]
Preview
Image (JPEG)
179Kb
[img]
Preview
Image (JPEG)
134Kb

Abstract

Pengembangan kurikulum merupakan bagian yang paling inti dari sederet pengembangan tata kelola sistem pendidikan tinggi di tingkat program-studi, dalam upaya penyesuaian terhadap perkembangan standard kompetensi bidang kerja di dunia industri, penyesuaian tehadap perkembangan teknologi global, atau adanya kebijakan institusi terkait dengan tuntutan pergeseran visi misi serta norma yang berkembang di masyarakat. Kurikulum PSD III Teknik Mesin adalah kurikulum hasil lokakarya pada tahun 2007. Berdasarkan masa berlakunya kurikulum yang sudah mencapai 4 tahun, maka pada saat ini sudah waktunya untuk mengkaji, mengevaluasi dan sekaligus mengembangkan kurikulum berjalan. Disamping itu, dengan adanya kebijakan baru dari Universitas untuk merubah kurikulum seluruh program studi di lingkungan Universitas Diponegoro, yaitu dari pola lama menjadi pola baru yaitu Kurikulum Berbasis Kompetensi, maka momen ini menjadi sangat tepat pada saat ini untuk menyelenggarakan pengembangan kurikulum. Pengembangan kurikulum wajib dilaksanakan melalui lokakarya yang melibatkan beberapa pihak antara lain kelompok dosen, pimpinan perguruan tinggi sebagai pemangku kebijkan, praktisi industri sebagai pemangku kepentingan, alumni dan kelompok masyarakat. Dalam rangka itulah Program Studi DIII Teknik Mesin telah mengambil langkah melalui rapat kelompok dosen pada tanggal 27 Mei 2011 dengan membentuk kepanitiaan yang bertugas untuk melaksanakan Lokakarya Pengembangan Kurikulum. Kegiatan lokakarya ini dimaksudkan untu menghasilkan Dokumen Kurikulum 2011, yang mampu menjawab tantangan standard kompetensi dunia kerja, perkembangan teknologi global dan pengembangan kultur peserta didik yang sangat diharapkan oleh masyarakat, bangsa dan negara. Kegiatan ini dilaksanakan 09 – 15 Juni 2011 dengan mengundang Narasumber. Yang menjadi obyek evaluasi adalah kurikulum 2007 dengan sasaran : 1. Evaluasi dan Pengembangan Kompetensi lulusan 2. Evaluasi dan Pengembangan prosesedur pembelajaran baik perkuliahan tatap muka maupun praktek 3. Evaluasi dan Pengembangan format dokumen dan isi kurikulum Sesuai dengan prosedur baku, bahwa peninjauan kurikulum harus dilaksanakan melalui kegiatan Lokakarya, isi kegiatan sebagai berikut : 1. Kajian dan perumusan terhadap seluruh masukan yang berasal dari pemangku kepentingan, pemangku kebijakan dan kelompok dosen 2. Mengidentifikasi segala permasalahan yang ada pada kurikulum berjalan ( kurikulum 2007 ) dengan menggunakan rujukan hasil rumusan pada butir 1 ( satu ) dan rujukan lainnya 3. Merumuskan pemecahan masalah dan sekaligus mengimplementasikan kedalam format kurikulum baku 4. Mengevaluasi hasil pada butir 3 menggunakan metodologi baku 5. Revisi dan finalisasi dokumen kurikulum serta pengesahan aktivitas tersebut yang dilaksanakan melalui diskusi dengan narasumber, diskusi kelompok dosen pengampu mata kuliah, pada rapat pleno dan rapat kelompok kerja

Item Type:Image
Subjects:T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions:Faculty of Engineering > Diploma in Mechanical Engineering
Faculty of Engineering > Diploma in Mechanical Engineering
ID Code:28581
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:11 Jul 2011 13:30
Last Modified:11 Jul 2011 13:30

Repository Staff Only: item control page