YULIARTO, TOTOK DWI (2010) ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KETERLAMBATAN PELAKSANAAN PENGADAAN LAHAN UNTUK JALAN TOL (STUDI KASUS JALAN TOL RUAS SEMARANG-SOLO SEKSI SEMARANG-UNGARAN). Masters thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO.
PDF - Published Version Restricted to Repository staff only 28Kb |
Official URL: http://www.mpwk.undip.ac.id
Abstract
Transportasi merupakan hal yang sangat penting dalam kaitannya dengan pertumbuhan ekonomi suatu wilayah. Seiring dengan jumlah penduduk yang terus bertambah dan perkembangan masyarakat yang semakin maju, maka pergerakan barang dan jasa juga akan meningkat yang kemudian harus diimbangi dengan peningkatan sarana dan prasarana transportasi, diantaranya penambahan jaringan jalan dan pengaturan lalu lintas. Pertumbuhan ekonomi di kabupaten dan kota di Jawa Tengah yang semakin pesat mendorong pelaku ekonomi untuk memanfaatkan moda transportasi yang cepat dan lancar. Fenomena ini ditangkap oleh pemerintah dengan upaya penyediaan infrastruktur jalan tol. Pengembangan jalan tol sebagai bagian dari jaringan jalan bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, pemerataan pembangunan, serta keseimbangan dalam pengembangan wilayah. Jalan tol juga dapat memperlancar lalu lintas dan aksesibilitas orang, barang dan jasa di daerah yang berkembang serta penghematan biaya perjalanan bagi pelaku pergerakan. Intensitas pembangunan yang semakin meningkat dan keterbatasan persediaan lahan membawa dampak semakin sulitnya memperoleh lahan untuk berbagai keperluan. Melonjaknya harga lahan secara tidak terkendali dan kecenderungan perkembangan penggunaan lahan secara tidak teratur membuat pemerintah semakin sulit melakukan pembangunan untuk penyediaan prasarana umum (Ratih, 2008). Permasalahan pengadaan lahan merupakan salah satu fenomena pentingnya lahan bagi masyarakat, dimana permasalahan tersebut merupakan kendala yang harus dihadapi dalam penyediaan lahan untuk jalan tol. Semakin lama proses pengadaan lahan untuk jalan tol berakibat pada pelayanan publik di bidang transportasi menjadi terhambat. Pembangunan Jalan Tol Ruas Semarang-Solo Seksi Semarang-Ungaran membutuhkan lahan kurang lebih seluas 110,60 hektar, namun kenyataan di lapangan pembangunan jalan tol ini masih terkendala masalah pembebasan lahan yang belum selesai. Ketersediaan lahan yang sudah dibebaskan baru mencapai 90 %. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah yang menjadi penyebab permasalahan keterlambatan pengadaan lahan Jalan Tol Ruas Semarang-Solo Seksi Semarang-Ungaran, dengan lingkup materi penelitian dibatasi hanya pada analisis penyebab permasalahan yang berasal dari faktor dominan saja. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus, dengan tahapan analisis dimulai dari pengumpulan data dari kuesioner yang disusun menggunakan skala likert dilanjutkan dengan wawancara. Data dari kuesioner tersebut dilakukan uji validitas, uji reabilitas, dan metode skoring yang bertujuan untuk mencari faktor dominan keterlambatan pelaksanaan pengadaan lahan. Sedangkan data yang diperoleh dari hasil wawancara digunakan untuk menganalisa penyebab dari faktor dominan tersebut. Pada akhirnya, hasil dari penelitian ini dapat diketahui bahwa faktor dominan penghambat pelaksanaan pengadaan lahan Jalan Tol Ruas Semarang-Solo Seksi Semarang-Ungaran adalah nilai lahan dan sumber pembiayaan. Faktor nilai lahan disebabkan oleh perbedaan dasar pemikiran antara pemilik lahan dengan panitia dalam penentuan besarnya ganti rugi. Sedangkan faktor sumber pembiayaan disebabkan karena swasta enggan untuk mencairkan dana pengadaan lahan. Adanya risiko pengadaan lahan yaitu tidak adanya kepastian mengenai besaran biaya yang harus dibayar investor dan kepastian waktu kapan lahan dapat dibebaskan menyebabkan investor tidak dapat melanjutkan investasinya karena lahan belum bebas. Kata kunci: Pengadaan lahan, jalan tol
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Urban and Regional Planning Faculty of Engineering > Department of Urban and Regional Planning |
ID Code: | 28568 |
Deposited By: | INVALID USER |
Deposited On: | 08 Jul 2011 13:24 |
Last Modified: | 14 Jul 2014 11:59 |
Repository Staff Only: item control page