PERBEDAAN HASIL CAKUPAN IMUNISASI BERDASARKAN CIRI-CIRI KADER KESEHATAN DI DESA PAKINTELAN DAN JATIREJO KECAMATAN GUNUNG PATI KOTAMADYA SEMARANG (SUATU STUDI KASUS)

SUHARMADJI, SUHARMADJI (1987) PERBEDAAN HASIL CAKUPAN IMUNISASI BERDASARKAN CIRI-CIRI KADER KESEHATAN DI DESA PAKINTELAN DAN JATIREJO KECAMATAN GUNUNG PATI KOTAMADYA SEMARANG (SUATU STUDI KASUS). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
14Kb

Official URL: http://www.fkm.undip.ac.id

Abstract

Disadari bahwa program imunisasi merupakan salah satu upaya untuk menurunkan angka kematian bayi dan balita yang merupakan salah satu indikator untuk mencapai derajat kesehatan masyarakat yang optimal. Sebagian besar cakupan imunisasi masih diperoleh dari kegiatan posvaksinasi lapangan, dan untuk keberhasilan kegiatan posvaksinasi lapangan tersebut diperlukan bantuan kader kesehatan desa. Peran yang diharapkan dari kader kesehatan adalah sebagai pemberi informasi dan motivasi kepada masyarakat tentang kegunaan imunisasi. Keberhasilan kader dalam melaksanakan tugas telah diselidiki oleh beberapa peneliti, dan dapat diungkapkan beberapa ciri-ciri yang diduga memiliki pengaruh terhadap keaktifannya. Penelitian ini merupakan studi penjajagan (eksplorasi) untuk mengetahui ciri-ciri kader kesehatan di desa yang berbeda hasil cakupan imunisasi nya. Lokasi penelitian dipilih melalui pengamatan dengan mengadakan penyesuaian secara asumtif terhadap beberapa faktor yang dapat mempengaruhi hasil cakupan imunisasi di lapangan selain kader kesehatan desanya. Dari tiga belas ciri-ciri kader kesehatan desa yang diteliti, telah ditemukan proporsi jumlah kader yang lebih banyak terhadap sembilan ciri-ciri diduga berhubungan dengan tingkat keaktifannya didesa yang memiliki hasil cakupan imunisasi lebih tinggi. Didesa tersebut juga ditemukan proporsi jumlah kadr yang lebih banyak dengan ciri-ciri pendidikan sesuai dengan masyarakat binaan, adanya kader laki-laki serta memiliki KK binaan di atas 25 KK. Dari hasil penelitian ini, terdapat saran untuk mendukung program imunisasi dilokasi penelitian, yaitu: 1. Penunjukkan kader, dalam hal pendidikannya hendaknya disesuaikan dengan pendidikan masyarakat binaan. 2. Pembinaan kader hendaknya dititik beratkan kepada meningkatkan ketrampilan melakukan penyuluhan melalui pendekatan perseorangan. 3. Ditingkatkan kerjasama lintas sektoral untuk pembinaan ketrampilan kader. Kiranya masih diperlukan penyempurnaan hasil penelitian ini, dengan melakukan penelitian lebih lanjut terhadap kemaknaan perbedaan proporsi jumlah kader berikut faktor-faktor lainnya yang juga dapat mempengaruhi hasil cakupan imunisasi dilapangan. Kata Kunci: IMUNISASI DI GUNUNG PATI SEMARANG

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:28563
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:06 Jul 2011 14:05
Last Modified:06 Jul 2011 14:05

Repository Staff Only: item control page