PENGARUH KARAKTERISTIK GURU OLEH RAGA KESEHATAN DALAM PENINGAKATAN PENGETAHUAN USAHA KESEHATAN SEKOLAH MURID SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN TULIS KABUPATEN BATANG

MADJID, A. THAMRIN (1988) PENGARUH KARAKTERISTIK GURU OLEH RAGA KESEHATAN DALAM PENINGAKATAN PENGETAHUAN USAHA KESEHATAN SEKOLAH MURID SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN TULIS KABUPATEN BATANG. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
15Kb

Official URL: http://www.fkm.undip.ac.id

Abstract

Faktor karakteristik jenis kelamin, umur, pengalaman mengajar, penataran UKS dan pendidikan guru olah raga kesehatan merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi dalam peningakatan pengetahuan UKS murid SD. Keberhasilan peningkatan pengetahuan UKS pada murid SD ini salah satunya terletak pada peranan dan aktifitas guru, sebab guru sebagai salah satu input instrumental dalam proses pendidikan, merupakan salah satu kunci yang tidak dapat diabaikan (Boediono, 1980) Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambarang karekteristik guru olah raga kesehaan yang didominan dalam peningkatan pengetahuan UKS murid SD di Kec. Tulis. penelitian ini bersifat diskriptif. Sampel ditentukan dengan metode total populasi yakni guru olah raga kesehatan SD sebanyak 43 orang dan murid kelas VI dari SD yang bersangkutan sebanyak 778 orang. Tingkat pengetahuan UKS murid ditetapkan dengan caara test tertulis hasil tets dikategorikan baik dan kurang. Data dikumpulkan melalui pengamatan serta wawancara dengan kuesioner, angket, dan formulir isian. Analisa statisik yang digunakan adalah uji Khi kuadrat. Hasilnya antara lain tingkat pengetahuan murid sekolah SD meliputi pengetahuan Orkes dan UKS rata-rata cukup baik. Tidak ada pengaruh yang bermakna antara karakteristik jenis kelamin guru orkes dengan tingkat pengetahuan murid. Ada pengaruh yang bermakna antara karakateristik jenis kelamin guru orkes dengan tingkat pengetahuan UKS murid. Tidak ada pengaruh yang bermakna antara penataran UKS guru orkes dengan tingkat pengetahuan UKS murid. Ada pengaruh yang bermakna antara pengalaman mengajar dengan tingkat pengetahuan UKS murid. Tidak ada pengaruh bermakna antara pendidikan guru orkes dengan tingkat pengetahuan UKS murid. Hasil penelitian disimpulkan bahwa karekteristik guru orkes mempunyai pengaruh dalam peningkatan pengetahuan UKS murid SD terutama faktor karakteristik jenis kelamin dan pengalaman mengajar. Saran yang dikemukakan ialah melihat tingkat pengetahuan murid SD di bidang studi orkes dan UKS rata-rata cukup baik maka perlu dilakukan pembinaan secara terus-menerus. Dalam penentuan guru UKS SD sebagai pengelola program UKS maka faktor karakteristik jenis kelamin dan pengalaman mengajar harus dijadikan prioritas pertama. Perlu penelitian lebih lanjut tentang manfaat penataran secara lebih mendalam. Mengingat guru SD adalah guru kelas yang harus menguasai barbagai mata pelajaran pada tingkat SD. Kata Kunci: USAHA KESEHATAN SEKOLAH

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:28556
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:05 Jul 2011 14:38
Last Modified:05 Jul 2011 14:38

Repository Staff Only: item control page