Analisis Pengaruh Persepsi Pasien/Keluarga Pasien Stroke Rawat Inap tentang Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Memilih Unit Stroke RS Mardi Rahayu Kudus

WIDJIJATI, WIDJIJATI (2011) Analisis Pengaruh Persepsi Pasien/Keluarga Pasien Stroke Rawat Inap tentang Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Memilih Unit Stroke RS Mardi Rahayu Kudus. Masters thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img]
Preview
PDF (Word to PDF conversion (via antiword) conversion from application/msword to application/pdf)
11Kb

Abstract

ABSTRAK Widjijati Analisis Pengaruh Persepsi Pasien/Keluarga Pasien Stroke Rawat Inap tentang Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Memilih Unit Stroke RS Mardi Rahayu Kudus xv + 102 halaman, 32 tabel, 7 gambar, 5 lampiran Meskipun RS Mardi Rahayu telah melakukan upaya-upaya pemasaran dengan menyusun bauran pemasaran yang dianggap sesuai, Bed Occupancy Rate (BOR) dan pemilihan Unit Stroke sebagai tempat perawatan masih di bawah ideal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi pasien/keluarga pasien stroke rawat inap tentang bauran pemasaran terhadap keputusan pasien memilih Unit Stroke RS Mardi Rahayu Kudus. Jenis penelitan adalah penelitian observasional dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian adalah rata-rata jumlah pasien stroke selama 6 bulan (N=276). Pengambilan sampel secara consecutive sampling selama 6 bulan (n=102). Pengumpulan data dengan wawancara terstruktur menggunakan kuesioner berskala Likert. Sedangkan analisis data dilakukan dengan statistik deskriptif dan inferensial secara kuantitatif. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa 65,7% pasien stroke rawat inap menempati ruang perawatan biasa. Karakteristik responden adalah sebagai berikut : umur antara 25-55 tahun (76,5%), jenis kelamin perempuan (56,9%), hubungan responden dengan pasien kebanyakan merupakan anak kandung pasien (46,1%), tingkat pendidikan SMA (71,6%), pekerjaan responden non karyawan (57,9%) dan pendapatan berkisar 2-5 Juta (54,9%). Terdapat pengaruh secara bersama-sama persepsi responden tentang promotion (Exp(B)=8,313), place (Exp(B)=14,737), people (Exp(B)=23,973) dan customer service (Exp(B)=4,827). Pengaruh terbesar adalah persepsi tentang people dengan Exp(B)=23,973, artinya bila persepsi pasien/keluarga pasien stroke rawat inap kurang baik maka kemungkinan tidak memilih menjadi 25 kali lebih banyak dibanding yang memilih. Disarankan promosi Unit Stroke melalui Tim Customer Service tentang manfaat produk, kelayakan tarif, tujuan penempatan Unit Stroke, kompetensi Tim Stroke dan proses pelayanan Tim Stroke. Kerjasama Bagian Humas, Rekam Medik dan Pelayanan Medik diharapkan menjadi media promosi jangka panjang. Upaya pemasaran jangka panjang untuk pasien stroke yang pernah dirawat, dapat berupa klub stroke, seminar-seminar , program medical check up rutin dan layanan kontrol pasien. Kata kunci : persepsi, bauran pemasaran, keputusan memilih, Unit Stroke Jumlah pustaka : 41 (1999-2010)

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:Q Science > Q Science (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Public Health
ID Code:28552
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:05 Jul 2011 12:28
Last Modified:05 Jul 2011 12:28

Repository Staff Only: item control page