Faktor–Faktor Internal dan Eksternal yang Berpengaruh terhadap Penulisan Diagnosis Dokter di Lembar Resume Rekam Medik Rawat Inap RS. Panti Wilasa “ Dr Cipto “ Semarang

WINASTUTI, DYAH (2011) Faktor–Faktor Internal dan Eksternal yang Berpengaruh terhadap Penulisan Diagnosis Dokter di Lembar Resume Rekam Medik Rawat Inap RS. Panti Wilasa “ Dr Cipto “ Semarang. Masters thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img]
Preview
PDF (Word to PDF conversion (via antiword) conversion from application/msword to application/pdf)
11Kb

Abstract

ABSTRAK Dyah Winastuti Faktor–Faktor Internal dan Eksternal yang Berpengaruh terhadap Penulisan Diagnosis Dokter di Lembar Resume Rekam Medik Rawat Inap RS. Panti Wilasa “ Dr Cipto “ Semarang 108 hal + 25 tabel + 2 gambar + 7 lampiran Penulisan diagnosis adalah tindakan yang dilakukan dokter untuk menuliskan diagnosis pasien di lembar rekam medik. Rendahnya tingkat penulisan diagnosis dokter di lembar resume rekam medik rawat inap RS. Panti Wilasa “ Dr Cipto “ merupakan permasalahan penting yang harus segera ditangani oleh manajemen karena sangat berdampak bagi kelancaran pelayanan pasien dan administrasi rumah sakit. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi penulisan diagnosis dokter di lembar resume rekam medik rawat inap RS. Panti Wilasa : Dr Cipto “ Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian observasional , dengan pendekatan rancangan penelitian cross sectional . Populasi penelitian adalah seluruh dokter di rawat inap RS. Panti Wilasa “ Dr Cipto “ Semarang. Analisis statistik yang digunakan analisis bivariat dengan uji chi square dan analisis multivariat dengan uji regresi logistik metode enter. Hasil analisis deskriptif, penulisan diagnosis dokter (58,3%), keyakinan penting (54%), sikap baik (44%), sistem penghargaan baik (68% ), sistem informasi baik (62%), dan sistem sanksi baik (48%). Hasil analisis bivariat menunjukkan menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara keyakinan (p=0,011; p<0,05), sikap (p=0,002; p<0,05), sistem penghargaan (p=0,017; p<0,05) dan sistem informasi (p=0,048; p<0,05) terhadap penulisan diagnosis dokter di lembar resume rekam medik rawat inap. Hasil analisis multivariat menunjukkan adanya pengaruh bersama – sama antara keyakinan (p=0,048; ekp(B)=12,884), sistem penghargaan (p=0,012; ekp(B)=34,065), dan sistem informasi (p=0,03; ekp(B)=57,642) terhadap penulisan diagnosis dokter di lembar resume rekam medik rawat inap RS. Panti Wilasa “Dr Cipto“ Semarang. Saran yang direkomendasikan dalam penelitian ini adalah membuat suatu standart prosedur yang berisi ketentuan petugas rawat inap dan dokter ruangan untuk selalu mengingatkan dokter pemberi pelayanan medik di rawat inap dalam menulis diagnosis, penyusunan kebijakkan penghargaan imaterial bagi dokter yang sudah menulis diagnosis dan sosialisasi ulang ketentuan penulisan diagnosis kepada dokter yang berdasar pada keselamatan pasien. Kata Kunci : Penulisan Diagnosis, Rekam medik, Rumah Sakit Kepustakaan : 33 ( 1992 – 2008 )

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:Q Science > Q Science (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Public Health
ID Code:28544
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:05 Jul 2011 11:10
Last Modified:05 Jul 2011 11:10

Repository Staff Only: item control page