Rancangan Prototipe Sistem Pendukung Keputusan (Odontogram) sebagai Rekam Medis Pasien Gigi dan Sarana Identifikasi Manusia (Studi Kasus di Klinik Gigi Jurusan Kesehatan Gigi Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang)

SUKENDRO, SULUR JOYO (2011) Rancangan Prototipe Sistem Pendukung Keputusan (Odontogram) sebagai Rekam Medis Pasien Gigi dan Sarana Identifikasi Manusia (Studi Kasus di Klinik Gigi Jurusan Kesehatan Gigi Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang). Masters thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img]
Preview
PDF (Word to PDF conversion (via antiword) conversion from application/msword to application/pdf)
12Kb

Abstract

ABSTRAK Sulur Joyo Sukendro Rancangan Prototipe Sistem Pendukung Keputusan (Odontogram) sebagai Rekam Medis Pasien Gigi dan Sarana Identifikasi Manusia (Studi Kasus di Klinik Gigi Jurusan Kesehatan Gigi Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang) 218 halaman + 30 tabel + 50 gambar + 16 lampiran Latar belakang masalah saat ini belum ada sistem informasi rekam medis gigi yang dapat dihubungkan dengan sistem yang lebih besar sesuai standar nasional. Tujuan penelitian ini adalah membuat prototipe sistem pendukung keputusan (odontogram) sebagai rekam medis pasien gigi dan sarana identifikasi manusia. Variabel penelitian ini adalah kemudahan, kelengkapan kesesuaian dan keakuratan informasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan melakukan observasi terhadap sumber daya organisasi dan kuantitatif dengan rancangan penelitian one group pre test post test design yang bertujuan membandingkan kualitas sistem informasi sebelum dan sesudah menggunakan sistem baru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem informasi klinik gigi Poltekkes Kemenkes Semarang sebelum pengembangan sistem belum dapat menghasilkan informasi secara mudah, lengkap, sesuai dan akurat. Analisis kualitatif disimpulkan bahwa sumber daya organisasi, struktur organisasi, tugas pokok dan fungsi serta alur informasi yang digunakan mendukung pengembangan sistem informasi. Analisis kuantitatif menunjukkan hasil penilaian selisih skor rata-rata sebesar 6,2 sampai dengan 15,2. Kesimpulan penelitian yaitu kegiatan pelayanan klinik gigi meliputi pendaftaran, pencatatan, pemeriksaan, perawatan serta penyusunan laporan. Rekam medis gigi sesuai standar disusun dengan basis data pasien, user, keadaan umum, intra oral, pemeriksaan pendukung, odontogram, perawatan, diagnosa, tindakan, penanggungjawab. Pengembangan sistem meningkatkan kualitas sistem informasi klinik gigi dari unsur kemudahan, kelengkapan, kesesuaian dan keakuratan informasi. Saran yang diberikan adalah untuk dilakukan implementasi sistem dalam kegiatan pelayanan klinik gigi Poltekkes Kemenkes Semarang, serta evaluasi untuk mengetahui kelemahan sistem. Pengembangan sistem informasi klinik gigi diperlukan integrasi dengan sistem informasi di lingkungan Poltekkes Kemenkes Semarang. Kata Kunci : Sistem Pendukung Keputusan, Odontogram, Poltekkes Kemenkes Semarang Kepustakaan : 80 (1995-2010)

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:Q Science > Q Science (General)
Divisions:Postgraduate Program > Master Program in Public Health
ID Code:28540
Deposited By:Mr. Mikm Undip
Deposited On:05 Jul 2011 10:49
Last Modified:05 Jul 2011 10:49

Repository Staff Only: item control page