Simulasi Kontrol Aktif Pada Model Sayap 2-D Untuk Peredaman Flutter Menggunakan Neural Network

WIJAYA, Christian and HARYANTO, Ismoyo and SETIAWAN, Joga Dharma (2009) Simulasi Kontrol Aktif Pada Model Sayap 2-D Untuk Peredaman Flutter Menggunakan Neural Network. Technical Report. Perpustakaan Jurusan Teknik Mesin FT-UNDIP, Diponegoro University. (Unpublished)

WarningThere is a more recent version of this item available.

[img]
Preview
PDF
107Kb

Official URL: http://www.mesin.undip.ac.id

Abstract

Flutter is one of aeroelasticity phenomenon that can cause structural damage on aircraft wing and very dangerous for aircraft safety. Flutter appearance is affected by the airspeed that goes through wing structure. Flutter phenomenon is also a factor that limits the domain of cruise speed. Flutter phenomenon has to be investigated since the preliminary structural design. The implementation of active control on a flexible wing can suppress flutter appearance. Study of active control implementation for flutter suppression has been done in this project. BACT wing model, which is part of NASA’s research, was used in this project as the structural model. The objectives of this project are neural network implementation and development as the control system for flutter suppression. One method used gain scheduling. Using this method, the coefficients of the control laws are determined in order to get better response of steady time and RMS of pitch angle. Another method employed NARMA-L2 (feedback linearization) neurocontroller. Programming and simulation of this project used MATLAB. The results showed that the two methods successfully suppressed flutter. The system response could be improved by gain scheduling methods. Flutter sebagai salah satu fenomena aeroelastik dapat menimbulkan kegagalan pada struktur sayap pesawat, dan berakibat fatal bagi keselamatan pesawat terbang. Kemunculan flutter sangat dipengaruhi oleh kecepatan udara yang melalui struktur sehingga fenomena flutter ini merupakan salah satu faktor yang membatasi domain kecepatan terbang. Oleh karena itu mulai tahap perancangan struktur pesawat terbang, kemunculan fenomena flutter ini harus dihindari. Meskipun demikian, dengan penerapan kontrol aktif kemunculan flutter pada struktur sayap fleksibel dapat ditunda. Pada penelitian ini dilakukan pengkajian penerapan teknologi control aktif guna peredaman flutter. Sebagai model struktur yang digunakan dalam sistem peredaman flutter pada penelitian ini adalah model sayap BACT yang merupakan bagian dari penelitian NASA. Tujuan dari penelitian ini adalah menerapkan dan mengembangkan neural network sebagai sistem kontrol untuk meredam flutter. Salah satu metode yang digunakan adalah gain scheduling, dengan metode ini besar koefisien-koefisien pada hukum pengendalian yang diterapkan akan dicari untuk mendapatkan respon berupa steady time dan RMS dari sudut pitch pada peredaman flutter yang lebih baik dari koefisien-koefisien yang sudah ada. Metode lain yang digunakan yaitu dengan menggunakan neurokontrol NARMA-L2 (linearisasi umpan balik). Pemrograman dan simulasi penelitian ini menggunakan perangkat lunak MATLAB. Hasil yang didapat menunjukkan bahwa kedua metode ini dapat digunakan untuk meredam flutter dan dengan metode gain scheduling respon sistem dapat diperbaiki.

Item Type:Monograph (Technical Report)
Subjects:T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions:Faculty of Engineering > Diploma in Mechanical Engineering
Faculty of Engineering > Diploma in Mechanical Engineering
ID Code:2849
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:21 Dec 2009 14:55
Last Modified:21 Dec 2009 14:57

Available Versions of this Item

Repository Staff Only: item control page