FARIZAL. H. I., Muhammad and YURIANTO, Yurianto and HARYADI, Gunawan Dwi (2009) Pengaruh Pengelasan Thermite Pada Rel Kereta Api Tipe R.54 dan R.42 Terhadap Tegangan Sisa Daerah Pengaruh Panas. Perpustakaan Jurusan Teknik Mesin FT-UNDIP. (Unpublished)
| PDF 106Kb | |
| PDF 106Kb |
Official URL: http://www.mesin.undip.ac.id
Abstract
Terjadinya kecelakaan pada kereta api biasanya terjadi disebabkan karena kondisi sambungan rel yang sudah retak. Walaupun terdapat petugas penilik jalan, untuk keretakan pada sambungan las terkadang terlewati dalam pengamatannya. Metode penelitian yang digunakan pada penulisan tugas akhir ini adalah experiment research, dalam hal ini seluruh kegiatan penelitian dilakukan di laboratorium, comparation research (membandingkan satu kondisi dengan kondisi yang lain), dan konsultasi dengan dosen pembimbing dan yang berwenang seperti operator di Laboratorium NRD PTBIN BATAN Serpong. Tujuan penelitian kali ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari tegangan sisa terhadap struktur mikro dan kekerasan pada baja rel R.54 - R.42 hasil las thermite. Kemudian dilakukan pengujian difraksi sinar neutron ( NRD ) untuk mengetahui tegangan sisa, pengujian kekerasan mikro vickers untuk mengetahui kekerasan. Hasil akhir dari penelitian kali ini memperlihatkan, bahwa kekerasan pada baja rel R.54 - R.42 menurun semakin mendekati daerah logam las. Tegangan sisa yang terjadi pada rel R.54 dan R.42 dari titik pengukuran 0, 2, 4, 6, 11, dan 21 mm dari fusion line adalah tegangan sisa tekan (negatif) untuk sumbu X, Y, dan Z bidang 110. The happening of accident at rail road usually happened caused by condition of rail lane which has non safe. One of them is condition of rail joint have been crack. Although there is rail officer, for cracking at weld joint sometimes gone beyond in his supervision. Research method applied at writing of this final task is experiment research, in this case all research activity is done in laboratory, comparation research (compares one conditions with other condition), and consultancy with counsellor lecturer and in charge like operator in Laboratorium NRD PTBIN BATAN Serpong. Aim of this research is to know influence from residual stress to microstructure and hardness at rail steel R54 - R42 result of weld thermite. Then diffraction neutron ray (NRD) experiment have done to know residual stress, micro vickers hardness experiment to know its hardness. The result of this research shows that hardness at rail steel R.54 - R.42 declines increasingly comes near weld metal area. Residual stress that occurred on R.54 and R.42 rail at 0, 2, 4, 6, 11, 21 mm measurement point from the fusion line is compressive residual stress (negative) for plane 110 the X, Y and Z axis.
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering |
ID Code: | 2846 |
Deposited By: | INVALID USER |
Deposited On: | 21 Dec 2009 12:15 |
Last Modified: | 21 Dec 2009 12:15 |
Repository Staff Only: item control page