PERILAKU PENCARIAN PELAYANAN KESEHATAN PADA MASYARAKAT KELURAHAN CANDI KECAMATAN KUMAI KABUPATEN KOTAWARINGIN BARAT PROPINSI KALIMANTAN TENGAH (STUDI KULITATIF)

PURNOMO, WAHYONO HADI (1994) PERILAKU PENCARIAN PELAYANAN KESEHATAN PADA MASYARAKAT KELURAHAN CANDI KECAMATAN KUMAI KABUPATEN KOTAWARINGIN BARAT PROPINSI KALIMANTAN TENGAH (STUDI KULITATIF). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

Full text not available from this repository.

Official URL: http://www.fkm.undip.ac.id

Abstract

Tujuan untuk mengatahui perilaku masyarakat yang meliputi pengetahuan, sikap dan praktek dalam pencarian pelayanan kesehatan. Tipe penelitian adalah penelitian kulitatif. Metode penelitian metode kulitatif dn pengumpulan data primer dengan cara wawancara mendalam dan diskusi kelompok terarah. Hadi penelitian adalah diperoleh gambaran perilaku pencarian pelayanan kesehatan pada masyarakat kelurahan Candi. Masyarakat kelurahan cenderung melakukan pencarian pengobatan dan pelayanan kesehatan swasta yaitu mantri praktek. Faktor jauhnya jarak rumah dengan puskesmas dan ketersedian saran transportasi sangat mempengaruhi perilaku pencarian pelayanan kesehatan, demikian juga dengan tingkat ekonomi dan jenis pekerjaan. Pertolongan persalinan sebagian besar dilakukan oleh tenaga non kesehatan (dukun bayi), karena masih sangar kurangnya tenaga bidan desa. Disaran kan dalam upaya peningkatan pemanfaatan pukesmas oleh masyarakat, agar perlu penambahan pukesmas pembantu yang letaknya dekat dengan pemukiman penduduk, dan juga perlu segera penambahan jumlah tenaga bidan desa untuk peningkatan pelayanan persalinan. Rekomendasi peneliti yang berminat mengadakan penelitian lebih lanjut sebaiknya melaksanakan di daetah pemanfaatan pukesmasnya maish cukup rendah dan diindikasikan sebagai daerah endemis terhadap penyakit-penyakit tertentu. Kata Kunci: PELAYANAN KESEHATAN

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:28406
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:20 Jun 2011 10:58
Last Modified:20 Jun 2011 10:58

Repository Staff Only: item control page