UPAYA PELAKSANAAN PERAWATAN KESEHATAN MASYARAKAT DI PUKESMAS SEPUTIH BANYAK KABUPATEN LAMPUNG TENGAH PROPINSI LAMPUNG (STUDI KUALITATIF)

JUNIYANTO, SUGENG (1995) UPAYA PELAKSANAAN PERAWATAN KESEHATAN MASYARAKAT DI PUKESMAS SEPUTIH BANYAK KABUPATEN LAMPUNG TENGAH PROPINSI LAMPUNG (STUDI KUALITATIF). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
12Kb

Official URL: http://www.fkm.undip.ac.id

Abstract

Jenis penelitian ini adalah deskriptif, metode yang digunakan kualitatif dengan pendekatan Cross Sectional. Dari hasil penelitian diketahui, pukesmas sudah dilaksanakan oleh pukesmas Seputih Banyak dengan keterbatasan pengetahuan, ketrampilan dan sumber daya lainnya. Dalam pelaksanaan kegiatan belum dilaksanakan sebagaimana mestinya bila dibandingkan dengan metode Proses Perawatan. Belum dimanfaatkan faktor pendukung yang ada, kerjasama tim belum dimanfaatkan faktor pendukung yang ada, kerjasama tim belum tergalang dengan baik serta adanlya beberapa hambatan. Hambatan disebabkan antara lain karena kurangnya kemampuan dan pengetahuan petugas palaksana, beban kerja terlalu banyak dan belum tersedianya sarana penunjang. Disarankan agar pukesmas meningkatkan pelaksana kegiatan pukesmas dengan mamanfaatkan fasilitas dan sumberdaya yang adalah secara efektif dan seefisien mungkin, sehingga pelayan yang diberikan dapat berdaya guna dan berhasil guna. Diharapkan dapat menerapkan metode proses perawatan yang merupakan metode ilmiah yang dapat dipertanggungjawabkan sebagi cara terbaik dalam memberiakn pelayanan yang sesuai dengan kebutuhan setiap sasaran. Dalam pelaksanaan kegiatan agar memanfaatkan faktor pendukung yang ada secara menyulurh dan terpadu dengan pelayanan kesehatan lainnya serta sektor yang terkait. Kata Kunci: PERAWATAN KESEHATAN PUKESMAS

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:28372
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:15 Jun 2011 14:34
Last Modified:15 Jun 2011 14:34

Repository Staff Only: item control page