STUDI PERILAKU YANG MENGHAMBAT MAHASISWA AKPER DALAM KEBERHASILAN PRAKTEK PERAWATAN DI RUMAH SAKIT TELOGOREJO SEMARANG (STUDI KUALITATIF)

INDRIATI, P AGUSTINA (1995) STUDI PERILAKU YANG MENGHAMBAT MAHASISWA AKPER DALAM KEBERHASILAN PRAKTEK PERAWATAN DI RUMAH SAKIT TELOGOREJO SEMARANG (STUDI KUALITATIF). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
12Kb

Official URL: http://www.fkm.undip.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimanakah perilaku mahasiswa dalam menjalankan praktek perawatan dan perilaku apa yang menghambat keberhasilan mahasiswa dalam praktek perawatan di Rumah Sakit. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa AKPER tingkat II semester IV, kepala ruang dan pembimbing praktek (clinical instructur) Dari penelitian diperoleh hasil bahwa sebagian besar mahasiswa sudah mengetahui tentang pengertian tujuan dan manfaat praktek perawatan. Namun dalam siap mahasiswa belum dapat menerima program praktek perawatan dengan alasan merasa terpaksa melakukan praktek perawatan. Dari sikap terpaksa menimbulkan perasaan bosan, jenug dan putus asa karena tidak sesuai harapan, akibatnya mahasiswa melakukan tindakan tidak hadir dalam kegiatan praktek perawatan di Rumah Sakit tanpa memberitahu (bolos) Kebosanan mahasiswa dalam menjalankan praktek ternyata didukung pula dengan situasi tempat praktek yang kurang memberikan situasi belajar mahasiswa, antara lain sikap acuh tak acuh, kurang perhatian, kurang membimbing/memonitor dari kepala ruang, perawat senior dan pembimbing, termasuk para pembantu preawt (POS). sikap lain adalah sikap sering menyalahkan mahasiswa, tidak memberikan kesempatan belajar, tidak mempercayai kemampuan mahasiswa dan menganggap mahasiswa sebagai orang yang harus melakukan perintah perawat senior. Akibat dari keadaan diatas, maka keberhasilan mahasiswa dalam praktek perawtan mengalami hambatan. Kata Kunci: STUDI PERILAKU

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:28370
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:15 Jun 2011 14:23
Last Modified:15 Jun 2011 14:23

Repository Staff Only: item control page