FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PENGETAHUAN, SIKAP DAN PRAKTEK PEMBERIAN ASI, IBU-IBU YANG BEKERJA DAN TINGGAL DI KOMPLEKS PERUMAHAN PASADENA SEMARANG

WIDYASTUTI, IRENE MARIA (1995) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PENGETAHUAN, SIKAP DAN PRAKTEK PEMBERIAN ASI, IBU-IBU YANG BEKERJA DAN TINGGAL DI KOMPLEKS PERUMAHAN PASADENA SEMARANG. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
13Kb

Official URL: http://www.fkm.undip.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana pengetahuan, sikap dan praktek pemberian ASI pada ibu-ibu yang bekerja dan mempunyai anak berusi 4-24 bulan yang tinggal di perumahan Pasadena serta faktor-faktor apa yang berhubungan dengan pengetahuan, sikap dan praktek tersebut. Pengumpulan data primer dilakukan melalui kuesioner dengan sistim wawancara pada 68 responden pada bulan Desember 1994 sampai dengan Januari 1995 Dari penelitian ini didapat pengetahuan, sikap dan praktek pemberian ASI tergolong baik, namun masih banyak responden yang belum mengetahui bahwa kuantitas ASI dipengaruhi oleh frekuensi dan lamanya bayi menyusui (39,7%). Sebanyak 41,2% responden belum mengetahui bahwa ASI dapat diawatkan dan 38,2% responden masih menyusui berdasarkan jadual tertentu. Dalam praktek pemberian ASI, didapatkan pemberian susu botol yang terlalu dini (usia kurang dari 4 bulan) yaitu sebanyak 70,6% responden. Untuk rawat gabung ternyata 44,1% dari responden sewaktu melahirkan tidak ada fasilitas rawat gabung ditempat melahirkan. Analisis terhadap hubungan antara berbagai variabel, hasilnya mendapatkan adanya hubungan antara: 1. Pengetahuan dengan sikap 2. Pengetahuan dengan praktek 3. Sikap dengan praktek 4. Pendidikan ibu dengan pengetahuan mengenai ASI 5. Penghasilan dengan jumlah anak 6. Jumlah anak dengan pengetahuan mengenai ASI 7. Penghasilan dengan sikap 8. Jumlah anak dengan sikap 9. Rawat gabung dengan pengetahuan 10. Rawat gabung dengan sikap 11. Rawat gabung dengan praktek Kata Kunci: AIR SUSU IBU (ASI)

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:28365
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:15 Jun 2011 14:03
Last Modified:15 Jun 2011 14:03

Repository Staff Only: item control page