STUDI PERILAKU SEKS ANAK BUAH KAPAL NIAGA TERHADAP PENYAKIT MENULAR SEKSUAL DAN AIDS DI PELABUHAN TANJUNG EMAS SEMARANG (STUDI KUALITATIF)

APRIANTO, AKHRUL (1996) STUDI PERILAKU SEKS ANAK BUAH KAPAL NIAGA TERHADAP PENYAKIT MENULAR SEKSUAL DAN AIDS DI PELABUHAN TANJUNG EMAS SEMARANG (STUDI KUALITATIF). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
14Kb

Official URL: http://www.fkm.undip.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara status gizi (“Body Mass Index” dan kadar hemoglobin) dengan produktivitas pada tenaga kerja wanita di PD. The Mustika Wangi. Faktor utama penularan PMS dan AIDS diketahui melalui hubungan seksual. Prosentase penularan AIDS khususnya akibat hubungan seksal (75%), melalui transfusi darah yang mengandung virus HIV (10%), melalui alat suntik bekas orang pengidap AIDS/HIV (10%), melalui ibu hamil mengidap virus HIV (5%). Oleh karena itu kelompok-kelompok yang diangkap berperilaku berisiko tinggi untuk terkena PMS dan AIDS perlu mendapat perhaitan dalam upaya penanggulangan PMS/AIDS di Indonesia. Kelompok risiko tinggi tersebut diantaranya WTS/pelacur, pelanggan WTS termasuk anak buah kapal. Bertujuan ini adalah untuk memperoleh informasi mengenai pengetahuan anak buah kapal tentang PMS dan AIDS, sikap anak buah kapal terhadap pencegahan PMS dan AIDS serta praktek hubungan seks anak buah kapal. Penelitian ini berbentuk kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara mendalam (indept interview) kepada kelompok anak buah kapal niaga. Sampel dalam penelitian ini adalah anak buah kapal niaga warga negara Indonesia jalur dalam negeri sejumlah 22 orang, ditambah 7 orang yang dianggap sebagai key informan adalah sebagai berikut: 1 orang Dokter pelabuhan, 1 orang pengemudi ojek, 1 orang supir angkutan plat hitam, 3 orang nahkoda, 1 orang petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa pengetahuan anak buah kapal tentang PMS pada umumnya sudah cukup baik, sedangakan pengetahuan anak buah kapal tentang AIDS sebagian besar masih kurang, sikap anak buah kapal terhadap pencegahan PMS dan AIDS masih rendah dan keliru serta praktek hubungan seks anak buah kapal kurang baik. Maka untuk mengantisipasi pada kelompok anak buah kapal kurang baik. Maka untuk mengantisipasi pada kelompok anak buah kapal perlu diberikan penyuluhan, pembagian poster, leaflet, brosur dan membuat billboard/papan informasi serta upaya kampanyue kondomisasi dengan melibatkan secara terpadu lintas sektoral terkait di lingkungan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Kata Kunci: PENYAKIT MENULAR SEKSUAL DAN AIDS

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:28350
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:14 Jun 2011 15:03
Last Modified:14 Jun 2011 15:03

Repository Staff Only: item control page