PEMAKNAAN REMAJA TERHADAP KONSTRUKSI MASKULINITAS DALAM MAJALAH HAI

Andrianus Ari T. N, Andrianus Ari T. N (2011) PEMAKNAAN REMAJA TERHADAP KONSTRUKSI MASKULINITAS DALAM MAJALAH HAI. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
92Kb

Abstract

Masa remaja bagi sebagian orang merupakan masa untuk mencari jati diri. Banyak cara dilakukan oleh remaja laki-laki agar mendapat predikat “laki-laki sejati” dan diterima dalam pergaulan. Majalah Hai yang merupakan satu-satunya majalah remaja laki-laki di Indonesia memiliki peran yang besar dalam merumuskan bentuk “laki-laki sejati” tersebut. Dengan konstruksinya, majalah Hai menawarkan makna dominan (preferred reading) bahwa laki-laki sejati adalah laki-laki yang kuat, tidak cengeng dan menyukai hal-hal yang menantang. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan bagaimana pemaknaan khalayak terhadap konstruksi maskulinitas yang dilakukan majalah Hai. Tipe penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan analisis resepsi. Dalam analisis resepsi, khalayak dipandang sebagi produser makna, tidak hanya menjadi konsumen isi media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa khalayak aktif memaknai konstruksi maskulinitas dalam majalah Hai. Pemaknaan khalayak penelitian ini terbagi dalam dua kode pemaknaan yaitu ; kode dominan hegemonik dan kode negosiasi. Khalayak yang masuk dalam kode dominan hegemonik menyatakan bahwa laki-laki yang jantan adalah laki-laki yang kuat, tidak cengeng dan menyukai hal-hal yang menantang. Khalayak tersebut memaknai sesuai dengan makna dominan yang ditawarkan majalah Hai. Sementara khalayak dengan kode negosiasi memaknai konstruksi tersebut dengan pemaknaannya sendiri. Khalayak dalam kode ini berpendapat bahwa semua laki-laki dikatakan jantan tidak tergantung pada kegemaran, fisik yang kuat dan menyukai tantangan dan lain-lain. Bagi mereka yang terpenting adalah sesorang mampu untuk hidup mandiri dan bebas mengekspresikan jiwanya dengan cara apapun selama masih positif. Dengan penelitian ini diharapkan khalayak dapat lebih cerdas dan aktif dalam memaknai isi media agar tidak terjebak dalam “kebenaran palsu” hasil konstruksi media. Key word : laki-laki sejati, maskulinitas, konstruksi,majalah Hai

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication
ID Code:28323
Deposited By:Jurusan Ilmu Komunikasi Fisip Undip
Deposited On:14 Jun 2011 11:43
Last Modified:14 Jun 2011 11:43

Repository Staff Only: item control page