UPAYA PELAKSANAAN PENYULUHAN KESEHATAN MASYARAKAT RUMAH SAKIT DI RSUD dr SUDARSO PONTIANAK PROPINSI KALIMANTAN BARAT (STUDY KUALITATIF)

BERTI, ELI (1997) UPAYA PELAKSANAAN PENYULUHAN KESEHATAN MASYARAKAT RUMAH SAKIT DI RSUD dr SUDARSO PONTIANAK PROPINSI KALIMANTAN BARAT (STUDY KUALITATIF). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
12Kb

Official URL: http://www.fkm.undip.ac.id

Abstract

Kegiatan penyuluhan yang dilakukan di unit rawat inap maupun rawat jalan umumnya di RSUD dr Soedarso umumnya belum terorganisir dengan baik, penyuluhan dilaksanakan secar spontan dan tidak terencana melalui pemeriksaan pasien maupun pada saat memberikan tindakan keperawatan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan penyuluhan kesehatan dengan melihat faktor predisposing (usia, jenis kelamin, jenis pelatihan, status perkawinan, lama bekerja petugas) dan faktor Enabling (manajemen, tenaga, dana, sarana, metode, media serta faktor Reinforsing (bimbingan). Penelitian ini berbentuk kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara mendalam (indept interview) pada tim PKMRS dan observasi langsung. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh tenaga pelaksana Tim PKMRS yang berjumlah 16 orang terdiri dari 1 orang sebagai penanggung jawab, 1 orang koordinator, 1 orang sekretaris, 3 orang masing-masing sebagi seksi penyuluh seksi materi, seksi publikasi dan 8 orang tenaga pelaksana penyuluh. Dari hasil study diperoleh gambaran kegiatan penyuluhan belum dilaksanakan terkordinir dengan baik dan belum melaksanakan sesuai dengan fungsi manajemen. Penyuluhan yang dilaksanakan baik di unit rawat jalan maupun rawat inap, dilaksanakan seadanya tidak terencana sebagimana yang dikehendaki dalam suatu pengelolaan kegiatan PKMRS. Kata Kunci: PENYULUHAN KESEHATAN MASYARAKAT

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:28321
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:14 Jun 2011 11:32
Last Modified:14 Jun 2011 11:32

Repository Staff Only: item control page