PERANAN ORANG TUA DALAM PENGASUHAN ANAK TERHADAP PERILAKU (PSP)JAJAN ANAK SEKOLAH ( STUDI KUALITATF PADA SISWA KELAS IV MI HASANUDIN KELURAHAN BANDARHARJO, KECAMATAN SEMARANG UTARA, KOTAMADIA SEMARANG )

KURNIASARI, IKA YUDHA (1999) PERANAN ORANG TUA DALAM PENGASUHAN ANAK TERHADAP PERILAKU (PSP)JAJAN ANAK SEKOLAH ( STUDI KUALITATF PADA SISWA KELAS IV MI HASANUDIN KELURAHAN BANDARHARJO, KECAMATAN SEMARANG UTARA, KOTAMADIA SEMARANG ). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
12Kb

Official URL: http://www.fkm.undip.ac.id

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui gambaran peranan orang tua dalam pengasuahn anak terhaa perilaku jaja anak sekolah pada siswa kelas IV MI Hasanudin, Kelurahan Bandarharjo, Kecamatan Semarang Utara, kotamadia Semarang. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas 4 Mi Hasanudin. Sampel penelitian diambil secara random dari populasi 10 orang siswa dan diambil juga 10 orang tua untuk memperkuat validitas data. Analisis dilakukan dengan analisis isi, melalui beberapa tahapa yaitu pengumpulan data, penyerdahanaan data, penyajian data dan verifikasi simpulan. Karakteristik responden, kondisi in dan kondisi latar belakang orang tua serta peranannya dalam pengasuhan anak, ikut membentuk perilaku jajan responden meliputi pengetahuan, sikap dan prakteknya. Pengetahuan dan sikap jajan responden sudah cukup baik, namun praktek jajannya masih kurang baik. Peranan orang tua dalam pengasuhan anak berkaitan pada pembentukan baik buruknya perilaku jajan responden. Berdasarkan hal tersebut disampaikan saran bagi pengelola program gizi anak sekolah agar meningkatrkan dan mengembangkan program UKS dengan lebih diharapkan semakin menyadari pentingnya peranan merka pada pembentukan perilaku jajan anak dan terus berupaya memperbaiki perilaku mereka agar bisa menjadi teladan yang baik bagi anak. Kata Kunci: PERANAN ORANG TUA, PENGASUHAN ANAK, PERILAKU (PSP) JAJAN ANAK SEKOLAH

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:28310
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:13 Jun 2011 15:13
Last Modified:13 Jun 2011 15:13

Repository Staff Only: item control page