TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN RAWAT INAP DI RSUD KABUPATEN DATI II SRAGEN

TRININGRUM, CICILIA (1999) TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN RAWAT INAP DI RSUD KABUPATEN DATI II SRAGEN. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
13Kb

Official URL: http://www.fkm.undip.ac.id

Abstract

Salah satu tantangan terbesar dalammemberikanpelayanan di Rumah Sakit adalah terpenuhinya harapan masyarakat akan mutukapasitas pelayanan, pelayanan yang murah dan nyaman yang dapat memberikan kepuasan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui gambaran tingakt kepuasan pawien rawat inap di Rumah Sakit Umum Kabupaten dari ii Sragen. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan metode survei, sedangkan menurut waktu merupakan penelitian cross sectional. Jumlah sampel 100 responden yang kriterianya telah ditentukan. Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Adapun hasil penelitian tingkat kepuasan pasien yang belum bisa dikatakn menggembirakan , karena dari 40 pelayanan hanya 17 buah pelayanan (42,50%) yang dijawab puas oleh 50-60% responden, selebihnya 23 pelayanan (57,5%)dijawab kurang puas dan sangat kurang puas oleh 4-48% responden. Pelayanan dikelompokkan menjadi 8 kelompok yaitu pelayanan masuk Rumah Sakit, pelayanan dokter dan perawat, pelayanan sarana medis, pelayanan makanan, pelayanan obat-obatan, kondisi fisik Rumah Sakit serta pelayanan administrasi, berdasarkan pelayanan selama di Rumah Sakit maka pelayanan dokter adalah paling memuaskan, sedangkan pelayanan masuk Rumah Sakit, sarana medis, obat-obatan serta pelayanan perawat relatif rendah terutama pada pelayanan rawat inap di bangsal perawatan kelas II. Masih perlu meningkatkan mutupelayanan di rawat inap terutama pada komunikasi untuk memberikan informas dan pendekatan antara petugas kesehatan dengan pasien, tersedianya fasilitas peralatan di Rumah Sakit, keamanan lebih ditingkatkan, penyuluhankes masyarakat Rumah Sakit difungsikan kembali, ketrampilan petugas ditingkatkan dengan pemberian pelatihan. Untuk selanjutnya perlu masih penelitian d3e skala yang lebih luas dan mendalam. Kata Kunci: TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN RAWAT INAP

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:28309
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:13 Jun 2011 15:09
Last Modified:13 Jun 2011 15:09

Repository Staff Only: item control page