HUBUNGAN ANTARA KUALIFIKASI DOSEN DENGAN SISTEM PEMBELAJARAN DI AKADEMI PERAWATAN AL-ISLAM YOGYAKARTA

ACHMADI, ACHMADI (2001) HUBUNGAN ANTARA KUALIFIKASI DOSEN DENGAN SISTEM PEMBELAJARAN DI AKADEMI PERAWATAN AL-ISLAM YOGYAKARTA. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
14Kb

Official URL: http://www.fkm.undip.ac.id

Abstract

Penelitian dalam lingkup Ilmu Kependiddikan in bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kualifikasi dosen yang ditetapkan oleh Pusdiknakes Depkes RI (meliputi kulaifikasi pendidiakn dosen danpengalaman kerja, rangkap jabatan,status kepegawaian dengan system pembelajaran). Penelitian didl di Akper Al-Islam Yogyakarta pada bualn Oktober – November 2000. sample penelitian diambil untuk dosaen tetap aktif menjalankan tugas pemblajaran pada tahun 2000 sebanyak 12 orang dosen tetap dan 15 orang dosen tidak tetap.design penelitian ini adalah penelitian deskriptif explanatory dengan pendekatan cross sectional. Pengolahan data dilakukan secara komputerisasi sestem epi info dan Ms excel. Analisis data dan uji hipoteis menggunakan analisis uji regresi linier dan korelasi point biserial dengan tingkat kepercayaan 95% = 0,05%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1. ada hubungan antara kualifikasi pendidiakn dosen dengan system pembelajaran. 2. ada hubungan antara kualifikasi pengalaman bekerja dosen dengan system pembelajaran dan 3. tidak ada hubungan antara rangkap jabatan dengan system pembelajaran. Disarnakn agra 1. mengembangkan sumber daya dosen tetap melalui pendidikan formal, pendidikan akta, pelatihan-pelatihan, penataran amupun seminar dan mempergunakan kesempatan yang sebaik-baiknya untuk mengali dan meningkatakan pengetahuan dan ketrampilan terutama bagi dosen yang belum baik system pembelajarannya. 2. Mengembangkan sarana prasarana penunjang pendidikan dan pembelajaran melalui pengolahan laboratorium dan perpustakaan sesuai dengan pedoman pusdiknakes Depkes RI. 3. optimalisasi pengelolaan system pendidikan dan pengajaran. 4. menumbuhkan motivasi kerja melalui pemberlakuan system commulative credit point bagi tenaga dosen untuk kenaikan pangkat/golongan. Kata Kunci: KUALIFIKASI DOSEN, SISTEM PEMBELAJARAN

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:28293
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:13 Jun 2011 10:25
Last Modified:13 Jun 2011 10:25

Repository Staff Only: item control page