PELAKSANAAN PENDAFTARAN TANAH SECARA MASSAL SWADAYA (SMS) DI KELURAHAN PENGANGGULANGAN KECAMATAN PEGANDON KABUPATEN KENDAL

Apriade Gisti, Bintang (2010) PELAKSANAAN PENDAFTARAN TANAH SECARA MASSAL SWADAYA (SMS) DI KELURAHAN PENGANGGULANGAN KECAMATAN PEGANDON KABUPATEN KENDAL. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF (Program D III Pertanahan) - Submitted Version
68Kb

Abstract

Tanah dalam kehidupan manusia mempunyai arti yang sangat penting, sebab sebagian besar dari kehidupan manusia tergantung pada tanah. Karena tanah adalah tempat bermukim bagi umat manusia, disamping sebagai sumber penghidupan bagi mereka yang mencari nafkah melalui usaha tani, dan pada akhirnya manusia apabila meninggal akan kembali ke tanah. Di samping itu tanah dapat pula dinilai sebagai suatu harta yang mempunyai sifat permanen karena memberikan kemantapan untuk dicadangkan bagi kehidupan di masa mendatang. Sesuai dengan konstitusi Negara Indonesia yaitu UUD 1945 Pasal 33 ayat (3) yang memberikan landasan bahwa “bumi dan air serta kekayaan alam yang terkandung didalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan sebesar-besarnya untuk rakyat” oleh karena itu pemanfaatan fungsi bumi, air, dan ruang angkasa beserta segala apa yang terkandung di dalamnya adalah yang di tujukan untuk mencapai sebesar-besarnya kemakmuran seluruh rakyat di Indonesia. Sebagaimana tersurat di dalamnya dikuasai oleh Negara dan dipergunakan untuk sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat”. Tanah jika diolah dan dijaga dengan baik dapat mendatangkan kesejahteraan bagi pemilik yang mengolahnya. Tuntutan pembangunan dan tuntutan peningkatan kesejahteraan umat manusia mengharuskan dilakukannya pengaturan tentang pengelolaan tanah dengan cara yang sebaik-baiknya agar berbagai kepentingan dan kebutuhan akan tanah dapat diselenggarakan secara serasi, selaras, seimbang dan setepat-tepatnya. Dengan usaha yang terus-menerus dan terprogam, pembangunan di bidang pertanahan diharapkan dapat mewujudkan kondisi pemanfaatan dan pemilikan tanah yang dapat mendatangkan kesejahteraan dan ketentraman serta keamanan warga masyarakat, bangsa dan negara.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:J Political Science > JA Political science (General)
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Diploma in Land
ID Code:28265
Deposited By:Pemerintahan Admin
Deposited On:08 Jun 2011 10:40
Last Modified:08 Jun 2011 10:40

Repository Staff Only: item control page