PROSES PEMBEBASAN TANAH UNTUK PEMBANGUNAN JALUR GANDA REL KERETA API LINTAS TEGAL-PEKALONGAN DI KABUPATEN PEMALANG PADA TAHUN 2009

Atika Pramuningtyas, Agustine (2010) PROSES PEMBEBASAN TANAH UNTUK PEMBANGUNAN JALUR GANDA REL KERETA API LINTAS TEGAL-PEKALONGAN DI KABUPATEN PEMALANG PADA TAHUN 2009. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF (Program D III Pertanahan) - Submitted Version
64Kb

Abstract

Seiring dengan perkembangan tahun, jumlah penduduk Indonesia yang semakin meningkat menimbulkan segala macam kebutuhan yang diperlukan sebagai penunjang kehidupan manusia meningkat. Salah satunya adalah kebutuhan transportasi. Namun seperti yang kita ketahui, jumlah kendaraan yang meningkat namun keterbatasan jalan-jalan yang dibangun masih tidak dapat mendukung keberadaan transportasi darat. Dengan demikian pemerintah harus dapat memikirkan alternatif lain guna mendukung kelancaran akomodasi masyarakat. Salah satunya alternatif yang diharapkan mampu mendukung kelancaran tersebut adalah pembangunan jalur ganda kereta api di Kabupaten Pemalang yang sedang berlangsung sekarang ini. Pembangunan jalur ganda kereta api ini merupakan bagian dari pengembangan infrastruktur perkeretaapian dengan tujuan utama peningkatan keselamatan dan pelayanan perkeretaapian sebagai salah satu upaya mewujudkan Roadmap to Zero Accident. Didalam pelaksanaan pembangunan jalur ganda tersebut, tentunya dibutuhkan tanah yang tidak sedikit guna kepentingan tersebut, sehingga dengan demikian dibutuhkan kerjasama antara Departemen perhubungan Ditjen Perkeretaapian dengan Kantor Pertanahan setempat untuk membebaskan tanah guna pembangunan jalur ganda rel kereta api lintas Tegal-Pekalongan khususnya di wilayah Kabupaten Pemalang. Adapun pelakasanaan pembebasan tanah tersebut diatur menurut Peraturan Presiden Nomor 36 Tahun 2005 Jo Peraturan Presiden Nomor 65 Tahun 2006 dan Peraturan Kepala Badan Pertanahan Nasional Nomor 3 Tahun 2007.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:J Political Science > JA Political science (General)
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Diploma in Land
ID Code:28258
Deposited By:Pemerintahan Admin
Deposited On:08 Jun 2011 10:19
Last Modified:08 Jun 2011 10:19

Repository Staff Only: item control page