HUBUNGAN ANTARA KARAKTERISTIK PETUGAS JPKM TINGKAT PUSKESMAS DENGAN KEBERSIHAN PEMASARAN PROGRAM JPKM DI KABUPATEN KLATEN TAHUN 2000

FIRDAUFAN, MOH. (2001) HUBUNGAN ANTARA KARAKTERISTIK PETUGAS JPKM TINGKAT PUSKESMAS DENGAN KEBERSIHAN PEMASARAN PROGRAM JPKM DI KABUPATEN KLATEN TAHUN 2000. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
13Kb

Official URL: http://www.fkm.undip.ac.id

Abstract

Strategi yang diterapkan dalam upaya pemerataan pelayanan kesehatan yang bermutu dan terjangkau oleh masyarakat tertuang dalam pokok pikiran DUKM yang telh bentuk operasionalnya adalah JPKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara karakteristik petugas dengan keberhasilan pemasaran program JPKM sehingga dapat dijadikan bahan pertimbangan bagi instansi tempat penulis bekerja dalam memilih atau menunjuk yang akan menjadi koordinator JPKM tingkat Puskesmas. Jenis penelitian adalah Explanatory dengan menggunakan metode survei dan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian 34 orang petugas Puskesmas yang menjadi koordinator JPKM dan sampel penelitian menggunakan total populasi. Pengumpulan data primer dengan menggunakan kuesioner tertutup kemudian dianalisa dengan uji korelasi kendall tau menggunakan SPSS. 10.0. hasil penelitian menunjukkan sebagian besar petugas JPKM tingkat Puskesmas mempunyai umur kategori dewasa, mempunyai masa kerja termasuk kategori lama, sebagian besar berpendidikan tingkat SLTA, mempunyai pengetahuan tentang JPKM kategori sedang, hanya ada hal yang kurang yaitu pengetahuan dalam hal hak-hak dari peserta JPKM dan strategi pemasaran. Untuk sikap petugas terhadap program JPKM sebagian petugas mempunyai sikap kategori baik. Hanya ada hal-hal yang perlu diperhatikan agar sikap petugas tetap baik yaitu dengan memberi rangsangan atau penghargaan atas hasil kerjanya. Hasil uji statistik menunjukkan ada hubungan yang bermakna antara umur, masa kerja, pendidikan, pengetahuan dan sikap petugas dengan keberhasilan pemasaran program JPKM. Disarankan agar Bapel lebih intensif dalam membina petugas, dari segi frekuensi maupun dari kualitas pembinaan. Untuk mempertahankan sikap yang bak perlu untuk diberikan rangsangan danut mempertahankan keberhasilan pemasaran bahkan untuk meningkatkan perlu dibentuk suatu badan yang menangani keluhan dari masyarakat yang terkait dengan pelayanan kesehatan yang diberikan. Kata Kunci: KARAKTERISTIK, PENGETAHUAN, SIKAP, PEMASARAN PROGRAM JPKM

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:28251
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:06 Jun 2011 14:31
Last Modified:06 Jun 2011 14:31

Repository Staff Only: item control page