TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN DI UNIT RAWAT INAP PUSKESMAS GEMOLONG I KABUPATEN SRAGEN

SUYADI, SUYADI (2001) TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN DI UNIT RAWAT INAP PUSKESMAS GEMOLONG I KABUPATEN SRAGEN. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
13Kb

Official URL: http://www.fkm.undip.ac.id

Abstract

Salah satu tantangan terbesar dalam memeberikanpelayanan kesehatan di puskesmas dengan tempat tidur adalah terpenuhinya harapan masyarakat akan mutu pelayanan dansarana memadai, yang terjangkau dan nyaman serta dapat memeberikan keupasan pelanggan. Tujuan penelitian in adalah untuk mengetahui gambatan tingkat kepuasan pasien rawat inap terhadap pelayanan kesehatan di puskesmas gemolong I Kabupaten Sragen. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode surbei menggunakan pendektan cross sectional. Jumlah sample adalah 40 responden yang kriterianya telah ditentukan. Pengumpulandata dengan wawancara menggunakan acuan kuesioner. Adapaun hasil penelitian tingkat kepuasan pasien dapat dikategorikan puas, karena dari 30 jenis pelayanan kesehatan yang masuk kategori sangat puas 7 jenis pelayanan (23.33%), kategori puas 14 jenis pelayanan (46,67%), kategori cukup puas 6 pelayanan (20,0%) sedangkan yang mendapat kategori kurang puas 2 jenis pelayanan (6,67%) seta sangat kuran gpuas 1 jenis pelayanan (3,33%). Jenis pelayanan dikelompokkan menjadi 8 kelompok yaitu Pelayanan kamar terima, pelayanan dokter, pelaynan perawat, pelayanan kerumahtanggaan, pelayanan makanan danminuman, pelayanan obat-obatan, pelayanan kondisi fisik dan pelayanan administrasi. Adapun saran dari hasil penelitian adalah masih perlu meningkatkan mutu pelayanan kesehatan tentang pelayana kerumahtanggaan mengenai kelengkapan perabot kamar perawatan terutama sprei tempat tidur dan keberadaan serta kebersihan kamar mandi dan WC. Pelayanan makannan mengenai variasi menu makanan serta peningkatan keterampilan puskesmas Gemolong I Kabupaten Sragen untuk meningkatkan mutu pelayanan. Untuk selanjutnya perlu penelitian dengan skala yang lebih luas dan mendalam tentang kepuasan pelanggan. Kata Kunci: TINGKAT KEPUASAN PASIEN, RAWAT INAP PUSKESMAS, PELAYANAN KESEHATAN

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:28249
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:06 Jun 2011 14:10
Last Modified:06 Jun 2011 14:10

Repository Staff Only: item control page