HUBUNGAN ANTARA VARIABEL PENDIDIAKN DAN PENGHASILAN KELUARGA DENGAN PERILAKU (PENGETAHUAN, SIKAP, DAN PRAKTIK) PENYALAHGUNAAN NAPZA (NARKOTIKA, ALKOHOL, PSIKOTROPIKA, ZAT ADIKTIF) PADA PENGGUNA NAPZA YANG MENJALANI REHABILITASI DI PANTI SOSIAL PAMARDI PUTRA "MANDIRI" SEMARANG TAHUN 2001

PUDYASTUTI, RETNO (2002) HUBUNGAN ANTARA VARIABEL PENDIDIAKN DAN PENGHASILAN KELUARGA DENGAN PERILAKU (PENGETAHUAN, SIKAP, DAN PRAKTIK) PENYALAHGUNAAN NAPZA (NARKOTIKA, ALKOHOL, PSIKOTROPIKA, ZAT ADIKTIF) PADA PENGGUNA NAPZA YANG MENJALANI REHABILITASI DI PANTI SOSIAL PAMARDI PUTRA "MANDIRI" SEMARANG TAHUN 2001. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
14Kb

Official URL: http://www.fkm.undip.ac.id

Abstract

Penyalahgunaan NAPZA tidak terlepas dari maslah lingkungan seperti social ekonomi, budaya politik dan lain sebagainya dan merupakan penyebab timbulnay penyakit epidemik dalam masyarakat modern dan akan menjadi penyakit yang lebih kronis yang bersifat kambuahn serta memerlukan biaya yang tidak sedikit untuk mengendalikan dan mengurangi kasus penyalahgunaan NAPZA. Berdasarkan hal tersebut dilakukan penelitian untuk mengetahui hubungan variabel pendidikan dan penghasilan kelurga dengan prilaku (pengetahuan, sikap dan praktik) penyalahgunaan NAPZA. Penelitian ini adalah penelitian survey bertujuan untuk menjelaskan hubungan antara variabel demografi (pendidikan dan keluarga) dengan perilaku (pengetahuan, sikap dan praktik) dengan metode pengambilan data secara cross sectional. Jumlah responden 30 orang, diambil dengan metode sample jenuh/total populasi. Data diolah secara univariat dan bivariat yang meliputi tabulasi silang dan korelasi Kendal tau-b. Hasil penelitian menunjukkan ada korelasi yang positif antara variabel bebas dengan variabel terikat. Besarnya secara berturut-turut adalah sebagai berikut: pengasialn keluarga dengan pengetahuan (0,048) pengetahuan dengan sikap (0,038), sikap dengan praktik (0,021), pengetahuan dengan praktik (0,020), dan pendidikan dengan pengetahuan niali korelasi (0,071). Uji statistik menunjukkan bahwa ada hubungan korelasi antara 2 variabel dengan kekuatan hubungan rendah yaitu antara variabel pendidikan dengan pengetahuan , variabel penghasilan keluarga dengan pengetahuan dan variabel pengetahuan dengan siakp. Sedangkan uji statistik yang menunjukkan ada hubungan korelasi antara 2 variabel dengan kekuatan hubungan agak rendah adalah antara variabel pengetahuan dengan praktik dan variabel sikap dengan praktik. Disarankan untuk meningkatkan kerjasama antara panti rehabilitasi dengan dinkessos dan secara aktif mensosialisasikan arti penting panti rehabilitasi dalam paya pemulihan korban NAPZA, danmenyampaikan informasi secara luas kepada masyarakat khususnya di daearh pedesaan yang sulit dijangkau tentang bahaya penyalahgunaan NAPZA pada remaja. Kata Kunci: Pendidikan, penghasilan keluarga, perilaku, NAPZA (narkotika, alcohol, psikotropika, dan zat adiktif)

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:28243
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:06 Jun 2011 11:26
Last Modified:06 Jun 2011 11:26

Repository Staff Only: item control page