STUDI TENTANG PELAKSANAAN S1STEM PENGEDALIAN KEUANGAN DAN HUBUNGANNYA DENGAN IKLIM ORGANISASI PADA PERUSAHAAN TEKSTIL DI BANDUNG

Kosasih, Elsje (1989) STUDI TENTANG PELAKSANAAN S1STEM PENGEDALIAN KEUANGAN DAN HUBUNGANNYA DENGAN IKLIM ORGANISASI PADA PERUSAHAAN TEKSTIL DI BANDUNG. Masters thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img]PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

4Mb

Abstract

Sistem Pengendalian yang dibuat oleh perusaha¬an mempunyai tujuan utama untuk mengamankan harta ke¬kayaan perusahaan . Akan tetapi pada kenyataannya pe¬laksanaan sistem pengendalian ini, terutama pelaksa¬naan sistem pengendalian keuangan seringkali memgham¬bat kegiatan manajemen yang lain. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gam-bdran tentang pelaksanaan sistem pengendalian keuang¬an, membandingkan antara pelaksanaan sistem pengenda¬lian keuangan yang sebenarnya dan yang diharapkan oleh karyawan pada perusahaan tekstil di Bandung, serta melihat hubungan pelaksanaan sistem pengendalian keu¬angan dengan.iklim organisasi. Data yang dibutuhkan diperoleh melalui kuesfo¬ner yang diisi oleh karyawan yang bertugas di bagian yang berkaitan dengan keuangan. Ada lima dimensi sis¬tem pengendalian keuangan dan enam dimensi iklim orga¬nisasi yang diukur dengan menggunakan kuesioner terse-but. Melalui dimensi-dimensi tersebut diperoleh gam¬baran tentang pelaksanaan sistem pengendalian keuangan maupun iklim organisasi. Dengan menggunakan skala Likert dari 1 sampai dengan 5 dan mentransformasi data ke dalam skala in-terval diperoleh himpunan skor untuk masing-masing dimensi. Melalui "Multivariate Statistical Analysis for Repeated Measures" dan "Simultaneous Confidence Interval", pelaksanaan sistem pengendalian keuangan yang sebenarnya dibandingkan dengan pelaksanaan sistem pengendalian keuangan yang diharapkan oleh karyawan. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa karyawan mengharapkan pelaksanaan sistem pengendalian keuangan yang lebih efektif, yang menunjukan bahwa perusahaan tekstil besar di Bandung masih bersifat me¬kanistik dan pelaksanaan sistem pengendalian keuangan yang diharapkan lebih didasarkan pada prosedur operasi baku. Pengolahan data lebih lanjut dengan menggunakan analisis korelasi kanonik diperoleh kesimpulah Tanggung jawab, kejelasan organisasi, partisipasi ba¬wahan dan pengendalian merupakan dimensi yang menen¬tukan pelaksanaan sistem pengendalian yang efektif, sedangkan sistem pemberian wewenang, kualitas pegawai, praktek-praktek yang sehat dan pengendalian akpntansi merupakan dimensi yang menentukan terciptanya iklim organisasi yang baik. Informasi yang diperoleh diharapkan dapat di-gunakan sebagai bahari pertimbangan dalam usaha perba¬ikan dan penyempurnaan pelaksanaan sistem pengendalian keuangan yang efektif yang menunjang terciptanya iklim organisasi yang balk dan sebaliknya pada perusahaan tekstil di Bandung.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
ID Code:28205
Deposited By:Mr UPT Perpus 5
Deposited On:30 May 2011 15:26
Last Modified:30 May 2011 15:26

Repository Staff Only: item control page