REKALKULASI KONSTRUKSI MESIN AUTO DRILLING PUNCH PADA PROSES ROD MACHINNING DI PT. SHOWA INDONESIA MANUFACTURING ( RECALCULATION OF AUTO DRILLING PUNCH MACHINE IN ROD MACHINNING PROCESS IN SHOWA INDONESIAN MANUFACTURING )

Arif, Hudaya and Aris, Noviyanto and Ariyadi , Sukoraharjo and Eko, Prasetyono and Ireng, Sigit Atmanto (2008) REKALKULASI KONSTRUKSI MESIN AUTO DRILLING PUNCH PADA PROSES ROD MACHINNING DI PT. SHOWA INDONESIA MANUFACTURING ( RECALCULATION OF AUTO DRILLING PUNCH MACHINE IN ROD MACHINNING PROCESS IN SHOWA INDONESIAN MANUFACTURING ). Undergraduate thesis, D3 Teknik Mesin.

[img]
Preview
PDF
220Kb

Abstract

Mesin auto drilling punch merupakan suatu mesin otomatis yang memadukan antara proses drilling dan punch guna memperpendek waktu proses dan meningkatkan kapasitas produksi. Proses drilling merupakan proses pembuatan lubang pada permukaan suatu benda dengan menggunakan mesin drill, sedangkan proses punch sendiri merupakan proses pencetakan suatu lubang dengan cara menghantamkan tool punch ke area permukaan benda membentuk bidang ruang yang sama dengan permukaan tool punch. Pada proses yang terjadi, ujung rod dibor dengan mata bor dan selanjutnya lubang tersebut di-punch dengan hasil lubang berbentuk segi enam dengan kedalaman tertentu. Proses punch ini menggunakan silinder hidrolik sebagai tenaga pendorong. Silinder hidrolik yang digunakan adalah jenis double acting dengan media penggeraknya berupa cairan fluida (oli) yang disuplai oleh power pack. Pada dasarnya proses drilling ini ditujukan untuk mempermudah proses punch, karena hampir tidak mungkin menghantamkan punch berbentuk segi enam ke permukaan besi datar agar terbentuk lubang segi enam. Untuk itu perlu adanya lubang untuk mempermudah proses punch.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions:Faculty of Engineering > Diploma in Mechanical Engineering
Faculty of Engineering > Diploma in Mechanical Engineering
ID Code:28194
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:30 May 2011 10:07
Last Modified:30 May 2011 10:07

Repository Staff Only: item control page