PERILAKU STRATEJIK DAN PENGARUH MODERASI LINGKUNGAN DALAM PENINGKATAN KINERJA PERUSAHAAN (MODEL TERINTEGRASI DAN BERTENJANG PADA INDUSTRI FAR1VIASI DI INDONESIA)

Sufian, Syuhada (2006) PERILAKU STRATEJIK DAN PENGARUH MODERASI LINGKUNGAN DALAM PENINGKATAN KINERJA PERUSAHAAN (MODEL TERINTEGRASI DAN BERTENJANG PADA INDUSTRI FAR1VIASI DI INDONESIA). Masters thesis, FAKULTAS EKONOMI.

[img]PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

10Mb

Abstract

Beberapa penelitian empirik menyatakan bahwa kegagalan dalam menjalin kolaborasi antar perusahaan untuk meningkatkan kinerja banyak disebabkan oleh faktor perilaku stratejik yang menghubungkan antara aliansi stratejik dan orientasi pasar dengan kinerja perusahaan. Faktor perilaku tersebut antara lain strategi inovasi, proses pembelajaran organisasional dan pembentUkkan portofolio surnber-daya. Struktur pasar menuntut para entrepreneur untuk bekerja sama antar perusahaan dalam sebuah jejaring (network) untuk mengeksploitasi dan eksplorasi skala dan cakupan ekonomi untuk meningkatkan keunggulan kompetitif yang berkelanjutan.Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan model penelitian terintegrasi berjenjang untuk peningkatan kinerj a perusahaan Farmasi di Indonesia dalam kerangka kebergantungan dengan lingkungan. Pengukuran variabel penelitian dilakukan dengan cara penggunaan multiple indicator yang diperlakukan sebagai single indicator dengan timbangan factor score yang diperoleh dari confirmatory analysis. Pengujian hipotesis penelitian digunakan struktur persamaan kausalitas berjenjang dengan [model Path Analysis. Pengujian terhadap pengaruh moderasi kemampuan adaptabilitas lingkungan digunakan Multi Grouped Sequential Equation Modelling. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah proses pembelajaran organisasional eksternal tidak mampu meneiptakan inovasi. Proses pembelajaran organisasional internal bersama dengan kualitas aliansi stratejik mempengaruhi kualitas asset. Untuk meningkatkan kinerja perusahaan diperlukan perilaku stratejik yang rnenghubungkan aliansi stratejik dan budaya orientasi pasar dengan kinerja perusahaan dalam kerangka kebergantungan dengan lingkungan. Budaya orientasi pasar dan kolaborasi merupakan landasan perilaku stratejik untuk meningkatkan kinerja perusahaan. Jika perusahaan mempunyai kemampuan adaptabilitas lingkungan yang tinggi, untuk meningkatkan kinerja perusahaan diutamakan peningkatan kualitas aset stratejik untuk mengembangkan ethical drug (obat dengan resep)yang didukung oleh proses pembelajaran internal dan kualitas aliansi. Akan tetapi sebaliknya jika kemampuan adaptabilitas lingkungan rendah diutamakan inovasi pengembangan over trading counter (obat bebas) yang didukung oleh proses pembelajaran organisasional eksternal,internal dan budaya orientasi pasar. Kata Kunei : Aliansi Stratejik, Portofolio Aset, Pembelajaran Organisasional, Inovasi, Orientasi Pasar dan adaptabilitas Lingkungan A Number of previous researches empirically found that the failure in the collaboration between one firms with another to enhance their performance was caused by strategic behavioral factors which connect between strategic alliance and market oriented culture with performance of the firms. Strategic behavioral factors include innovation strategy, organizational learning process and the establishment of resource portfolios. Market structure required entrepreneurs to engage collaboration between firms in the network to exploit and explore economics of scale and scope in order to boots their sustainable competitive advantages. The objective of the research is to build an integrated and sequential research model to improve the performance of pharmaceutical companies in Indonesia based on the interdependence framework. Primary data were gathered to measure research variables by using multiple indicators, but they are treated as single indicator based on the weighted factor score obtained from confirmatory analysis. Research hypotheses are tested by using two stage structural equation modelling in a path analytical model. The moderating variable of adaptability to environment are tested by using a multi grouped sequential equation model. The results of the research is shown that external organizational learning process can not create innovation. Internal organizational learning processt combined with quality of strategic alliance effect the the quality of portfolio strategic asset. In order to improve the performance of the corporation, it requires strategic behavior which connect the strategic alliance, market oriented culture with corporate performace in an interdependence framework. Market oriented culture and collaboration are the foundation for strategic behavior to improve their performace of the firm. If level adaptability to the environment of the firm is high, the firm may improve their performance by improving the quality of strategic asset to develop ethical drug supported by internal learning process and quality of alliance. However, if the adaptability to environment of the firm is low, the firm needs to improve innovation on the over trading counter which are supported by internal and external organizational learning process and market oriented culture. Key word : Strategic alliance, portfolio asset, learning organization, innovation, market oriented and environmental adaptability.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Doctor Program in Economics
ID Code:28117
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:25 May 2011 10:33
Last Modified:25 May 2011 10:33

Repository Staff Only: item control page